Mohon tunggu...
Rd.
Rd. Mohon Tunggu... Lainnya - .

tentang buku, sepeda, debian, motor tua, musik, makanan, bubin LantanG dan bang Rhoma

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Masakan Patin Paling Enak Ada di Lampung

30 November 2022   08:21 Diperbarui: 30 November 2022   08:38 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto pindang patin dari liburanlampung.blogspot.com

Masakan berbahan dasar ikan patin adalah salah satu favorit saya, dan di Kalimantan Selatan biasa dijual dalam bentuk ikan bakar atau dipepes.  Walau ada juga sop kepala ikan patin, tapi belum pernah merasakan yang citarasanya luarbiasa.

Sampai ketika ada saat jalan-jalan ke Bandar Lampung, setelah puas berjalan seharian akhirnya memutuskan untuk mencari makan siang yang kira-kira enak.

Setelah membaca review sana-sini dan melihat google maps, maka dipilihlan sebuah rumah makan yang sepertinya cukup terkenal dan punya beberapa cabang, yaitu Meranjat Riu.   Rasanya dulu memilih untuk makan di cabang Palapa.

Lokasi rumah makannya cukup luas, selain ada ruang makan yang luas ada juga saung-saung yang ditujukan untuk pelanggan yang datang cuma berdua sampai berenam dan memerlukan sedikit privasi.  Berhubung datang sendirian maka saya pun memilih makan di saung biar nyaman dan santai.

Setelah melihat daftar menu tanpa pikir panjang memesan Pindang Patin yang tidak ada di Banjar, dan pilihan saya tidak salah.

Pindang ikan patin itu ternyata mirip dengan sop kepala patin, cuma kuahnya berwarna dominan kemerahan dan dari warnanya bisa ketebak bahwa ini rasanya adalah asam manis pedas.  Ada pula  daun kemangi di dalamnya yang menjadikan aromanya semakin wah.

Selain pindang patin sebagai lauk utamanya, disediakan juga sepiring lalapan yang cukup lengkap.  Bayangkan siang-siang pas sedang lapar-laparnya, makan nasi hangat dengan pindang patin dan kuahnya yang segar,  diselingi lalapan yang tak kalah fresh lalu ditemani dengan es teh yang dingin. Duh.

Pindang patin di Bandar Lampung itu ya bumbunya benar-benar tebal, rasanya takaran meranjatnya benar-benar pas.  Oiya barusan dapat info dari seorang kawan di sana bahwa meranjat itu artinya adalah semacam bumbu ulek sebagai bahan masakan pindang patin.

Selain itu ikan patinnya terasa masih segar dan bumbunya benar-benar meresap ke dalam daging ikannya.  Kuahnya juga sangat segar, rasa asam manis pedasnya benar-benar menyatu dengan baik.  Ini adalah masakan berbahan ikan paling enak yang pernah saya coba.

Makanan enak, suasanya tempat makannya juga nyaman, pokoknya patut dicoba kalau kalian ingin puas makan ikan saat di Lampung.  Percayalah. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun