Mohon tunggu...
Rd.
Rd. Mohon Tunggu... Lainnya - .

tentang buku, sepeda, debian, motor tua, musik, makanan, bubin LantanG dan bang Rhoma

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tips Singkat dan Mudah Mendapatkan Beasiswa

27 Oktober 2022   13:45 Diperbarui: 27 Oktober 2022   14:34 177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar dari presspay.ng

Salah satu hal yang menjadi kendala saat menuntut ilmu seringkali adalah biaya, karena itulah adanya tawaran beasiswa sunggu membantu menunjang semangat belajar.  Yang jelas sangat meringankan beban pikiran.

Beasiswa tersedia untuk semua strata pendidikan, bahkan ada beasiswa untuk pelajar.  Kalau dulu pernah ada yang namanya beasiswa Supersemar dan sempat menikmatinya selama dua periode.

Untuk mendapatkan beasiswa tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bantuan untul belajar didapatkan.  Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Cari Informasi

Hal ini walaupun sederhana tapi nyatanya harus rajin dilakukan.  Jaman sekarang informasi ini lebih mudah didapatkan.  Cukup menjelajah internet menyesuaikan dengan jenis beasiswa yang ingin didapatkan.

Informasi ini sangat penting karena terkait jadwal seleksi dan persyaratan yang diperlukan untuk dipenuhi, apa saja yang dicover sama beasiswa serta siapa saja yang bisa mendapatkannya.

2. Membaca Persyaratan

Ini juga tak kalah penting, semua detil persyaratan haruslah dibaca secara dan diperhatikan secara teliti.

Utamanya syarat nilai minimal, kapan pendaftaran dibuka dan berakhir, dan persyaratan lainnya.  Lebih-lebih untuk syarat beasiswa tingkat pasca sarjana ada beberapa syarat lagi yang biasanya harus dipenuhi.

3. TPA

Tes Potensi Akademik salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk beasiswa pasca sarjana, baik untuk S2 maupun S3, lebih-lebih untuk kuliah di dalam negeri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun