Mohon tunggu...
Rudi I
Rudi I Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sedang belajar sastra Inggris 🇬🇧
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selamat datang di blog yang membahas tentang kebarat-baratan

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Puisi dalam Sastra Inggris

31 Juli 2021   14:03 Diperbarui: 31 Juli 2021   15:42 1093
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Manuskrip puisi "The Stolen Child" oleh WB Yeats di perpustakaan nasional Irlandia, Sumber Gambar: irishtimes.com

Puisi adalah luapan perasaan spontan yang kuat; yang mana berasal dari emosi yang dikumpulkan kembali dalam ketenangan; emosi yang direnungkan sampai dengan suatu jenis reaksi yang membuat ketenangan secara berangsur-angsur menghilang dan suatu emosi yang mirip dengan apa yang menjadi subjek perenungan yang tiba-tiba ada dalam pikiran -- William Wordsworth.

Puisi berasal dari bahasa Yunani "poiesis" yang artinya "membuat". Puisi merupakan salah satu jenis karya sastra yang mengutamakan bahasa estetis dan berirama, bersifat imaginatif, dan memiliki pengaruh psikologis penulis yang kuat. Dalam sejarah Inggris, puisi Inggris pertama adalah sebuah himne oleh kaum Anglo-Saxon. Himne tersebut dibuat oleh Bede, seorang gembala yang buta huruf, tetapi sangat mahir dalam mencipatkan puisi di biara-biara Whitby.

Namun, puisi Inggris yang terkenal pada era kesusatraan Inggris kuno adalah Beowulf. Beowulf adalah cerita Inggris Kuno oleh penyair Anglo-Saxon anonim. Puisi tersebut menceritakan tentang seorang pejuang yang kuat dan pemberani (Beowulf) yang mengalahkan monster dan kemudian menjadi Raja. 

Lalu, seiring berjalannya waktu puisi Inggris juga mengalami banyak perubahan, seperti cenderung bebas dan tidak terlalu berpaku pada strukturnya. Dengan demikian, bukan berarti puisi Inggris modern tidak memiliki arti, justru malah menjadi kekuatan kritik yang dasyat.

Jenis-jenis puisi Inggris:

Puisi naratif adalah jenis puisi yang menceritakan sebuah cerita. Secara umum ia termasuk puisi epik, tetapi istilah "puisi naratif" sering dicadangkan untuk karya-karya yang lebih kecil, umumnya dengan lebih menarik minat manusia. 

Puisi naratif mungkin merupakan jenis puisi tertua. Banyak sarjana Homer telah menyimpulkan bahwa Iliad dan Odyssey-nya terdiri dari kompilasi puisi naratif yang lebih pendek yang terkait dengan episode individu. Contohnya adalah Beowulf oleh anonim.

Puisi lirik adalah jenis puisi yang tidak seperti puisi epik dan dramatis, tidak berusaha untuk menceritakan sebuah cerita tetapi lebih bersifat pribadi. Puisi jenis ini cenderung lebih pendek, melodis, dan kontemplatif. Alih-alih menggambarkan karakter dan tindakan, puisi ini malah menggambarkan perasaan, keadaan pikiran, dan persepsi penyair itu sendiri. Contohnya adalah Go, Lovely Rose oleh Edmund Waller.

Puisi epik adalah jenis puisi yang berbentuk utama sastra naratif. Puisi ini sering didefinisikan sebagai puisi panjang tentang peristiwa yang bersifat heroik atau penting bagi budaya saat itu, kebanyakan dalam bentuk narasi yang berkelanjutan. Contohnya adalah The Chantos oleh Ezra Pound.

Puisi sindiran adalah puisi yang berasal zaman romawi kuno yang digunakan untuk mengkritik politik. Contohnya adalah A Satire on the True Blue Protestant Poet, T.S. oleh John Dryden.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun