Mohon tunggu...
Rudi I
Rudi I Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sedang belajar sastra Inggris 🇬🇧
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selamat datang di blog yang membahas tentang kebarat-baratan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa adalah Aset Berharga Bangsa

8 Juli 2021   16:17 Diperbarui: 8 Juli 2021   16:19 132 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Gambar: nasional.kompas.com

Mahasiswa adalah seseorang yang sedang belajar atau melanjutkan studi di suatu perguruan tinggi agar menjadi sumber daya manusia yang berguna bagi kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. Setiap tahun ada ribuan bahkan jutaan mahasiswa yang lulus dari berbagai bidang. Setelah mahasiswa lulus, mereka mendapatkan gelar yang tergantung dengan tingkat pendidikan yang ampunya seperti diploma, sarjana, magister, hingga doktor. Dengan gelar itu mahasiswa dianggap penting dalam kehidupan karena memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar.

Kenapa mahasiswa disebut aset berharga bangsa? karena merekalah yang bisa mengubah keadaan negerinya sendiri. Suatu negeri dikatakan maju apabila memiliki sumber daya manusia yang mumpuni. Sebagai contoh negara tetangga kita, Singapura. Belajar dari Jepang, Singapura melahirkan bibit-bibit pemuda yang unggul dan trampil yang mampu bersaing di kanca global. Di sinilah peran penting mahasiswa sangat dibutuhkan. 

Pertama, mahasiswa adalah agent of change, artinya mereka yang akan membawa perubahan yang besar bagi kehidupan. Dengan bekal ilmu yang mahasiswa miliki, mereka mampu menjadi contoh dan panutan bagi masyarakat. 

Yang kedua adalah berperan sebagai social control, artinya mahasiswa sebagai penyalur aspirasi masyarakat. Contohnya seperti kegiatan demontrasi KPK kemarin. Mereka memyuarakan suaranya kepada para pemimpin yang keluar jalur. 

Sebagai mahasiswa pastinya memiliki banyak kegiatan, baik akademik maupun non-akademik. Dari situlah kemampuan mahasiswa diasah dan diuji. Agar mendapatkan berbagai kemampuan, mahasiswa biasanya mengikuti organisasi. Mahasiswa yang cerdas tidak hanya berguna bagi kampusnya saja tetapi berguna bagi bangsa dan negara.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan