Rizky C. Saragih
Rizky C. Saragih Public Relations

Lihat, Pikir, Tulis. Communications Enthusiast | @rizkycsaragih

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Pilihan

Pria, Jangan Sembarang Cukur Rambut!

15 Mei 2019   21:46 Diperbarui: 16 Mei 2019   12:39 304 2 0
Pria, Jangan Sembarang Cukur Rambut!
Trendy nan sehat

Beraktivitas di padatnya ibukota kerap membuat para pria lupa akan kesehatan kulit kepala dan cara merawatnya.

Tinggal dan beraktivitas di Jakarta kerap membuat para pria tidak selalu peduli akan kesehatan rambut dan kulit kepala. Seperti yang saya alami, memiliki karakter kulit kepala yang kering dan sensitif terkadang menimbulkan rasa gatal dan sering menggaruk-garuk kepala. 

Padahal pada kenyataannya, semakin kita menggaruk kepala akan membuat kulit kepala menjadi kemerahan bahkan menjadi luka. Apabila sudah timbul luka, maka bakteri akan mudah masuk dan menimbulkan gangguan kesehatan yang lainnya.

Sempat melakukan beberapa riset kecil-kecilan, yang saya dapatkan adalah sebuah statement yang bermanfaat dari dr. Stanley Setiawan, Sp.KK yang mengatakan bahwa tidak semua orang memiliki kulit kepala yang kering dan sensitif namun ada beberapa individu yang memiliki kondisi khusus seperti dermatitis atau eczema.

Dermatitis atau eczema adalah kondisi dimana kulit kepala seseorang cenderung cepat bereaksi terhadap pengaruh apapun, baik secara internal dan eksternal. Faktor-faktor internal yang dapat mempengaruhi kulit kepala kering dan sensitif seperti kelelahan, kurang tidur, kondisi badan yang turun, sedangkan faktor-faktor eksternal adalah perubahan cuaca dan asupan gizi seseorang.

dr. Stanley juga menambahkan, "Kulit kepala yang sehat dapat dikenal dengan kondisi kulit kepala yang tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering. Jika terjadi kondisi diluar itu, bisa dikategorikan itu adalah kulit kepala yang sensitif, seperti kulit kepala yang bersisik halus sampai lembaran sisik, mudah gatal dan kemerahan."

Setelah mengetahui hal tersebut, kekhawatiran saya coba lawan dengan bertahap memperbaiki pola tidur, asupan makanan dan gizi dan tentunya tidak lupa berolahraga. Selanjutnya, demi menjaga kesehatan tubuh dan penampilan, selektif memilih shampoo yang cocok dan yang terkadang suka diremehkan oleh sebagian pria adalah kehigienisan alat cukur rambut ketika hendak potong rambut.

Saat ini memang banyak barbershop untuk memanjakan para pria memangkas rambutnya, tetapi yang benar-benar harus diperhatikan selain gaya potong rambut yang cocok dengan bentuk kepala dan gaya yang diinginkan adalah kebersihan tempat serta peralatan cukur rambut.

Berada di bilangan daerah Kemang, Jakarta Selatan, saya sempatkan mampir untuk memangkas rambut di Pancos Barbershop. Kenyamanan dan kebersihan tempat nampaknya menjadi standart yang selalu terjaga di barbershop ini. Beda dengan pengalaman sebelumnya di tempat lain, ketika barbershop sudah ramai antrian, semuanya menjadi asal jadi, asal selesai!

Pencahayaan ruangan barbershop mendukung detail saat pemotongan rambut.
Pencahayaan ruangan barbershop mendukung detail saat pemotongan rambut.
Potongan rambut yang sangat detil terlihat dari dari interior Pancos Barbershop yang berbeda dengan barbershop lainnya. Pancos Barbershop memiliki pencahayaan berwarna putih dan sangat terang, ditambah dengan jendela kaca yang dapat dimasuki cahaya dari luar ruangan.

Hal ini mendukung para barber untuk dapat mencukur setiap pelanggan dengan sangat detil dan tingkat ketelitian yang tinggi. Kursi barber yang ditaruh dengan jarak yang tidak berdekatan juga bertujuan agar para pelanggan dan barber dapat berkomunikasi bahkan dapat mengobrol selama mencukur rambut.

Beruntung saya bertemu dengan barber sekaligus pemilik Pancos Barbershop yaitu, Henoch Sitompul. Pria yang serius mendalami dunia cukur mencukur rambut pria ini tidak hanya mengedepankan gaya potongan yang hits kekinian namun juga kesehatan para pelanggannya.

Hal ini terlihat dimana setiap barber harus menggunakan sarung tangan ketika memotong rambut setiap pelanggan, alat-alat yang digunakan yang harus selalu steril dan juga ketika selesai memotong rambut, para barber diharuskan membersihkan terlebih dahulu area kursi cukur bekas memotong pelanggan sebelumnya, sebelum menyambut pelanggan selanjutnya.

Henoch Sitompul
Henoch Sitompul
"Untuk memberikan standar higienis di barbershop, saya  turut menerapkan inspeksi harian untuk alat-alat yang digunakan dan kesiapan para barber sebelum dimulainya jam operasional barbershop, seperti mengecek cermin, ruangan, pintu kaca yang bersih serta rekan barber yang harus bersih dan juga wangi. Hal ini dikarenakan ketika memotong rambut, para barber berinteraksi langsung dan sangat dekat dengan para pelanggan. Bagi pelanggan yang memiliki kulit sensitif, Pancos Barbershop mengatasinya dengan cara segera membersihkan rambut dengan alat khusus, sehingga tidak menimbulkan radang yang lebih besar dan menunjang hadirnya permasalahan kesehatan lainnya", kata Henoch.

Pada akhirnya urusan rambut dan kulit kepala tidak boleh dipandang sebelah mata. Menjaga kerapihan penampilan itu penting, namun tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan kita.