Mohon tunggu...
rchhats
rchhats Mohon Tunggu... Karyawan Swasta -

"The way to happiness: keep your heart free from hate, your mind from worry. Live simply, expect little, give much. Fill your life with love. Scatter sunshine. Forget self, think of others. Do as you would be done by."

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Masalah Itu Ketika Anda Tidak Memiliki Masalah

11 Februari 2018   02:29 Diperbarui: 11 Februari 2018   03:46 544
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kebersamaan dan Kebahagiaan Keluarga Yang Saya Takutkan Akan Hilang

Saya punya kebiasaan yang mungkin buruk tapi itu adalah cara terbaik untuk melindungi keluarga saya. Saya percaya dengan orang tua, istri, dan anak-anak saya. Saya percaya mereka akan melakukan hal-hal seperti seharusnya dan positif.

Kemudian saya bekerja sebagai seorang karyawan di sebuah startup-unicorn di Indonesia dan seperti yang kita ketahui, startup memiliki jadwal kerja yang cukup padat. Oleh karena itu berlahan saya mulai takut dengan kesibukan saya sendiri.

Saya takut tidak bisa menjadi ayah yang baik untuk anak-anak saya. Saya takut tidak bisa menjadi suami yang setiap saat seharusnya ada untuk istri saya. Terlebih lagi saya takut tidak bisa memberikan waktu saya untuk orang tua saya.

Akhir-akhir ini saya mulai merasakan banyak ketakutan. Mungkin itu berlebihan, namun mungkin Anda bisa memposisikan diri Anda sebagai saya dan pikirkan apa solusi terbaik untuk hal ini?

Sebagai bagian dari perkembangan perusahaan teknologi saya berusaha memanfaatkan teknologi untuk mebantu mengurangi ketakutan saya terhadap semua hal itu. Saya mencoba mendiskusikan hal-hal tersebut dengan keluarga saya di rumah. Mereka menyambut baik teknologi tersebut untuk membantu saya memberikan rasa aman dan mengurangi rasa takut saya.

Namun berlahan-lahan, saya merasakan dilema. Apakah saya sudah membatasi kebebasan mereka sebagai manusia? saya takut dengan kehadiran teknologi ini akan membuat kehidupan mereka lebih terbatasi dan tidak berwarna.

Mungkin saya takut jika terjadi hal-hal buruk dengan keluarga saya. Dengan teknologi saya berharap mereka lebih mudah mendapatkan bantuan dari saya. Namun apakah itu benar-benar solusi terbaik.

Pada kondisi yang lain saya tidak ingin membatasi anak, istri dan orang tua saya dalam menikmati keindahan dan anugerah tuhan di dunia ini. Saya sangat ingin mereka bahagia jasmani dan rohani. Saya ingin mereka menjalani kehidupan ini dengan maksimal. Karena dalam hidup ini kita harus benar-benar maksimal dan bermanfaat untuk orang-orang terdekat dan jika mampu untuk orang banyak.

Saya ingin sekali mendiskusikan hal-hal ini dengan sahabat saya, namun mungkin ini cara terbaik yang bisa saya lakukan untuk mendapatkan asumsi, solusi, pendapat, dan apapun untuk membantu menyelesaikan dilema yang saya alami.

Mari kita diskusikan hal yang sama jika itu adalah masalah Anda juga. Mungkin kita akan menjadi tim yang hebat dalam menyelesaikan masalah seperti ini dan sejenisnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun