Mohon tunggu...
r cahyo prabowo
r cahyo prabowo Mohon Tunggu... Dosen - Cerdas Berbudi Pekerti Yang Luhur

Bekerja Dengan Menggunakan Hati,tulus ikhlas, Email : cahyo.2035@gmail.com ,Komunikasi Industri Media Online/Daring (New Media Communication), Ilmu Komunikasi Broadcast Journalism Management Industri Media,Media Online (daring/new media komunikasi),Politik, Hukum Administrasi Kontrak Konstruksi

Selanjutnya

Tutup

Media

Pandemi dan Komunikasi Media Online

27 Juli 2021   08:44 Diperbarui: 27 Juli 2021   08:55 33 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandemi dan Komunikasi Media Online
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Indonesia memiliki Ideologi, Pemersatu Bangsa Indonesia,Dasar Negara yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia sebagai Konstitusi Negara Serta Ketetapan MPR RI, NKRI Sebagai Bentuk Negara,Semboyan Negara Indonesia Adalah Bhinneka Tunggal Ika. Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, Yang Berbentuk Republik.Indonesia adalah negara Pancasila & negara Hukum bukan negara agama atau lainnya apa pun. Indonesia telah memasuki babak baru era Industri 4.o menuju Industri 5.0 dan Society 5.0 yang artinya masyarakat melakukan semua aktifitas serba online, bangun tidur online,belajar online,bekerja online, belanja online dan kehidupannya online serta yang pastinya tidak ada istri online.

Kita bahwasannya tahu pandemi belum selesai, entah sampai kapan pandemi Sars Cov 2 (COVID 19) atau kependekannya adalah Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2.selesai yang dimana semua aktivitas kehidupan bekerja dari rumah dan solusinya adalah komunikasi media online.

media online sebagai bentuk komunikasi efektif pada khalayak kini,nanti dan esok segera terus berkembang secara pesat,cepat dengan seiringnya berjalannya waktu dunia per onlinenan termasuknya Indonesia memasuki era ekonomi kreatif,era keterbukaan informasi publik, era bebas berpendapat dimuka umum,namun bilamana terbukti bersalah maka proses hukum berlaku di Indonesia, era ekonomi digital, era UMKM, era perbankan online (digital) branchless banking (sms banking,internet banking,QRIS yang sudah diluncurkan oleh Bank Indonesia, Fintech, dll), era UMKM Digital (ecommerce) berkolaborasi dengan UMKM Indonesia buatan handmade produk Indonesia bisa diperkenalkan oleh bangsa luar negeri,era ekonomi kreatif, era serba digital (online).

Hadirnya komunikasi dan media online masa kini, nanti dan esok sangat membantu sekali dalam menjalankan aktivitas kehidupan masyarakat,berbangsa dan bernegara Indonesia, Dunia Internasional. 

Salah satu contoh nya bekerja yang tadinya kekantor kini sudah mulai bekerja dari rumah, semua aktivitas kerja dari rumah dan bisa berkomunikasi dua arah, tatap muka pun bisa dilakukan dengan tambah webcam dan suara menggunakan headset atau speaker.

Cara baru ini lah sebagai bentuk komunikasi efektif pada khalayak luas sehingga perputaran uang pun menjadi lancar,Contoh lain mau membayar makanan atau minuman, dll tinggal milih melalui aplikasi,di pencet pilihannya, kemudian tunggu berapa saat lagi setelah itu barang dikirim kerumah pencet bell atau mengucapkan salam kemudian barang datang dan bayar ditempat apa pun itu.

Contoh lain jual beli bisa dilakukan dengan cara melalui media online yaitu seperti ecommerce,market place dll.Namun dalam hal ini kedepan peran media online sebagai bentuk komunikasi efektif pada khalayak adalah cara baru dan juga mengikuti perkembangan perubahan iklim juga pastinya yang ramah lingkungan.

Dalam hal ini kehidupan masyarakat,bangsa dan negara telah berubah,tadinya tatap muka, kini melalui komunikasi industri media online, media online sebagai bentuk komunikasi efektif pada khalayak kini,nanti dan esok, begitu juga dalam pemerintahan, Pemerintahan Terbuka Digital pun sudah mulai diterapkan untuk mewujudkan good goverment akuntabel,transparansi dan profesional Pemerintahan seluruh Indonesia.

Komunikasi,Media Online & Politik

Raden Cahyo Prabowo,S.I.Kom,M.I.Kom

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x