Mohon tunggu...
r cahyo prabowo
r cahyo prabowo Mohon Tunggu... Cerdas Berbudi Pekerti Yang Luhur

Bekerja Dengan Menggunakan Hati,tulus ikhlas, Email : cahyo.2035@gmail.com ,Komunikasi Industri Media Online/Daring (New Media Communication), Ilmu Komunikasi Broadcast Journalism Komunikasi,Media Online, Politik, Hukum Administrasi Kontrak Konstruksi

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Youtuber, Artis Digital Era Komunikasi Industri Media Online

18 April 2021   12:39 Diperbarui: 18 April 2021   13:11 69 6 0 Mohon Tunggu...

Indonesia memiliki Ideologi, Pemersatu Bangsa Indonesia,Dasar Negara yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia sebagai Konstitusi Negara Serta Ketetapan MPR RI, NKRI Sebagai Bentuk Negara,Semboyan Negara Indonesia Adalah Bhinneka Tunggal Ika. Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, Yang Berbentuk Republik.Indonesia adalah negara Pancasila & negara Hukum bukan negara agama atau lainnya apa pun. 

Indonesia telah memasuki babak baru era Industri 4.o menuju Industri 5.0 dan Society 5.0 yang artinya masyarakat melakukan semua aktifitas serba online, bangun tidur online,belajar online,bekerja online, belanja online dan kehidupannya online serta yang pastinya tidak ada istri online. media online sebagai bentuk komunikasi efektif pada khalayak kini,nanti dan esok segera terus berkembang secara pesat,cepat dengan seiringnya berjalannya waktu dunia per onlinenan termasuknya Indonesia memasuki era ekonomi kreatif, era ekonomi digital, era UMKM, era perbankan online (digital) branchless banking (sms banking,internet banking,QRIS yang sudah diluncurkan oleh Bank Indonesia, Fintech, dll), era UMKM Digital (ecommerce) berkolaborasi dengan UMKM Indonesia buatan handmade produk Indonesia bisa diperkenalkan oleh bangsa luar negeri,era ekonomi kreatif, era serba digital (online). 

Era bebas berpendapat di muka umum namun tetap mematuhi hukum Indonesia bila mana terbukti bersalah maka proses hukum berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Era televisi berjaringan online (youtube sebagai televisi memunculkan ide kreatif elemen masyarakat Indonesia untuk maju), era keterbukaan informasi publik,era pemerintahan terbuka digital, Era Undang-Undang Transaksi Elektronik, era demokrasi lebih baik,era wisuda online di dunia pendidikan, era tenaga pengajar online yang mengajarnya tidak melalui tatap muka, era lompatan-lompatan kemajuan ekonomi,era citizen journalism & era lompatan kemajuan yaitu era digitalisasi media,era hidup online (daring),era konvergensi media yang tadinya analog kini melalui jaringan koneksi internet (media daring). 

Kita semua tahu,Dunia dan Indonesia sedang masa-masanya sulit karena adanya pandemi virus Covid 19 yang dimana mau tak mau,berawal tatap muka, bertemu secara langsung kini melalui media online, termasuk dalam hal komunikasi pemasaran melalui media online, media online sebagai bentuk komunikasi efektif pada khalayak kini,nanti dan esok, bisnis, pers, K/L,Perbankan dan semua kehidupan yang dimana bangun tidur online, aktifitas online, mau tidur online dulu dll. Hal ini membawa dampak perubahan pada elemen masyarakat dimana pun berada termasuk halnya media tadinya media secara massa,elektronik kini di konvergensi melalui media online.Media Online berbeda dengan Media Sosial, Media sosial hanya untuk marketplace,tatap muka, interaksi manusia ke manusia yang sudah tidak ada lagi jarak dan media sosial bukan bagian dari Pers.

Dalam konteks Ilmu Komunikasi, Bidang Broadcast Journalism khususnya bidang media & media online, Begitu juga Televisi, televisi sebagai media komunikasi elektronik yang disiarkan secara langsung, ada iklan,berita,sinetron, hiburan termasuk ada artis  yang mendapatkan endorse, bayaran dll, televisi dan radio termasuk bagian dari pers,niaga dll.Namun karena pandemi, televisi berjaringan pun kiat digemari oleh elemen masyarakat Indonesia & Dunia karena muncul artis digital yang dimana sudah mendapatkan kontrak kerja sama sama endorse  untuk memasarkan produknya dan memperkenalkannya kepublik  yang disiarkan dalam youtube channelnya.

Karena sebuah trend dari konvergensi media yang tadinya bisa melalui televisi, kini tinggal memilih melalui saluran televisi berjaringan online, kretif,inovatif, mendapatkan bayaran dari endorsenya sebagai bentuk komunikasi pemasaran dalam memasarkan produknya era komunikasi industri media online.Dalam hal ini segera terus berkembang Youtuber, Artis Digital Era Komunikasi Industri Media Online melalui televisi berjaringan online yang kreatif,inovasi, memunculkan ide-ide kreatifnya yang bisa disiarkan melalui akun youtube channelnya, ada juga tulisan iklan ini berbayar saat video berlangsung, dan juga pasti sekarang sudah ada menu gabung yang artinya berbayar, nanti si konten mendapatkan bayaran juga.

Kesimpulannya adalah Komunikasi Industri Media Online mencakup semua aspek kehidupan, mulai dari bisnis,gaya hidup, pers, perusahaan, kementrian/lembaga negara, pemerintahan terbuka digital akuntabel,transparansi,profesional guna tepat sasaran ke elemen masyarakat untuk kesejahteraan elemen masyarakat serta media online tidak gratis.

Pengamat, Praktisi,Akademisi Komunikasi Industri Media Online & Politik

Raden Cahyo Prabowo,S.I.Kom,M.I.Kom

VIDEO PILIHAN