Mohon tunggu...
r cahyo prabowo
r cahyo prabowo Mohon Tunggu... Cerdas Berbudi Pekerti Yang Luhur

Bekerja Dengan Menggunakan Hati,tulus ikhlas, Email : cahyo.2035@gmail.com ,Komunikasi Industri Media Online/Daring (New Media Communication), Ilmu Komunikasi Broadcast Journalism Management Industri Media,Media Online (daring/new media komunikasi),Politik, Hukum Administrasi Kontrak Konstruksi

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Media Online Sebagai Penyederhanaan Birokrasi Pemerintah Indonesia Maju

12 Maret 2021   09:00 Diperbarui: 12 Maret 2021   08:59 134 1 0 Mohon Tunggu...

Revolusi Industri 4.0 Merupakan Pertanda awal dari tumbuhnya abad ke 20.Tumbuhnya revolusi industri ini tidak datang secara tiba tiba dan membuat semua perilaku,sikap manusia sekoyong-koyongnya revolusioner. Revolusi Industri 4.0 ini datang berurutan dengan laju pertumbuhan industri dan ekonomi.Pertumbuhan revolusi industri itu secara bertahap dan pasti dimulai dari revolusi industri pertama yang pengelolaannya melalui mekanisme tenaga air dan tenaga uap. Itulah awal mekanisme industri mempengaruhi kehidupan elemen masyarakat.

Pertumbuhan berikutnya melalui mekanisme produksi massal,assembly line dan listrik.Manusia mulai mengenal mekanisme kehidupan listrik. Pertumbuhan ketiga berkembang kehidupan manusia melalui mekanisme komputer dan otomatisasi.Dari mekanisme industri komputer ini pertumbuhan industri beranjak menuju pertumbuhan industri teknologi digital atau ke pertumbuhan industri 4.0 mulai dikenalkan mekanisme sistem cyber physical.

 Kehadiran Revolusi Industri 4.0 sangat dikhawatirkan akan banyak mempengaruhi pengalaman hidup elemen masyarakat di belahan dunia ini. Begitu Pula, Juga NKRI tantangan yang dihadapi oleh bangsa dan negara Indonesia pada masa mendatang kini,nanti dan esok memerlukan SDM, ASN yang jujur, profesional, visioner, mampu menggalang kemitraan dengan pihak swasta. integritas tinggi, berkinerja tinggi, akuntabel, transparansi, profesional, baik & bersih dalam penyelenggara negara RI, BERSIH dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), Independen dari struktur politik pemerintahan negara dan berorientasi pada pelayanan publik yang baik dan transparansi.

Salah satu contohnya adalah Mal Layanan Publik, Mal Pelayanan Publik adalah cita cita amanat UUD NRI Tahun 1945 untuk percepatan reformasi birokrasi yang dilakukan oleh KemenPAN RB RI tepat sasaran, mudah dijangkau oleh elemen masyarakat, satu pintu dari daerah ke pusat melalui online (daring), pelayanan publik yang baik dan tidak bertele-tele,ribet sana sini, transparansi, menggunakan sistem online satu pintu yang dimana bisa diakses ke pusat secara langsung, penyederhanaan birokrasi pemerintahan terbuka digital yang tidak berbelit belit dan tepat sasaran, begitu pula sdmnya yang bermain-main, malas memberikan pelayanan publik dengan berbagai alasan dalam melaksanakan tugas pekerjaan sebaiknya langsung copot dan berhentikan secara tidak hormat ganti orang yang mau bekerja, pelayanan publik semakin dekat dekat rakyat Indonesia di seluruh Indonesia, membuat sdm dan ASN itu JUJUR, INTEGRITAS Tinggi,Tidak main-main dalam melakukan pekerjaan dimana pun.

Begitu pula juga hadirnya CCTV koneksi Internet dijalan raya memberikan efek jera, adil menegakkan hukum yang berkeadilan tanpa diskriminasi, membuat orang sadar hukum, memberikan kepastian hukum yang jelas, aparat penegak hukum jujur,adil, baik & bersih dalam penyelenggara negara RI, Kemudian hadirnya CCTV yang tersambung koneksi Internet di dalam ruang tahanan (LP),ruang pemeriksaan bisa memantau jalannya aktifitas didalam tahanan, satu pintu,hukum Indonesia tegak,cegah kekerasan,cegah oknum penjara yang nakal dan tidak bisa main seenaknya, tegaknya hukum yang berkeadilan tanpa diskriminasi yang dimana sudah sesuai dengan VISI Indonesia dan Amanat Undang-Undang Dasar 1945 asli.

Contoh lain ada esamsat, etol, perbankan digital, pemerintahan terbuka digital (open gov digital) dll yang dimana dilakukan melalui dunia per online an media online sebagai penyederhanaan birokrasi akuntabel,transparansi dan profesional serta tetap menggunakan dan mempekerjakan Sumber Daya Manusia sebagai operasional dunia per online an di NKRI Maju apabila tidak jujur langsung copot, berhentikan secara tidak hormat cari pengganti yang baru. Indonesia hanya memerlukan orang jujur,pandai, tanggung jawab dan menurut (manut) tidak butuh orang pinter ataupun cari muka bekerja lah sesuai integritas, kemampuan yang dimiliki, menurut kepada atasan dan bawahan, tanggung jawab, jujur lebih penting.

Pengamat Komunikasi Media Online & Politik

Raden Cahyo Prabowo,S.I.Kom,M.I.Kom

VIDEO PILIHAN