Mohon tunggu...
r cahyo prabowo
r cahyo prabowo Mohon Tunggu... Cerdas Berbudi Pekerti Yang Luhur

Bekerja Dengan Menggunakan Hati,tulus ikhlas, Email : cahyo.2035@gmail.com ,Komunikasi Industri Media Online/Daring (New Media Communication), Ilmu Komunikasi Broadcast Journalism Komunikasi,Media Online, Politik, Hukum Administrasi Kontrak Konstruksi

Selanjutnya

Tutup

Digital

Indonesia Digitalisasi, Inovasi Daring, Sudah Siapkah?

25 November 2020   07:17 Diperbarui: 25 November 2020   08:15 52 4 2 Mohon Tunggu...

Indonesia memiliki Ideologi, Pemersatu Bangsa Indonesia,Dasar Negara yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia sebagai Konstitusi Negara Serta Ketetapan MPR RI,NKRI Sebagai Bentuk Negara,Semboyan Negara Indonesia Adalah Bhinneka Tunggal Ika. Indonesia sudah hadir,sudah merdeka, sebuah negara Identitas baru dan bukan kerajaan dimasa lampau ataupun lainnya. Nama Indonesia ada karena para pemuda/i tanah air Indonesia bersatu, memperkenalkan di Paris Perancis, Eropa Barat oleh satu organisasi yaitu Perhimpunan Indonesia. 

Indonesia sendiri memasuki era digitalisasi,era inovasi,sudah saatnya era tepat sasaran,era mempermudah segalanya aspek kehidupan, era keterbukaan informasi publik, era UU ITE, era bebas berpendapat namun tetap mematuhi hukum berlaku di NKRI, Apabila terbukti bersalah maka proses hukum berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia, Era reformasi birokrasi, era pemerintahan terbuka digital akuntabel,transparansi, dan profesional. 

Kedepan Digitalisasi,inovasi daring,teknologi semakin terus berkembang mengikuti zaman secara global dan tidak bisa dibendung lagi era digitalisasi, inovasi daring. Namun, Indonesia masih banyak kendala-kendala yang dihadapi salah satunya Indonesia dikelilingi oleh pegunungan, lembah, semak belukar,hutan, peralatan yang belum memadai dan mendukung digitalisasi hingga ke pelosok Indonesia contohnya masih mahalnya Internet, belum semuanya tinggal dipedalaman memiliki laptop,pc,wifi,router,handphone android,listrik yang memadai dan mendukung untuk online (daring).

Memang betul media online/daring/media baru (new media communication) sebagai bentuk komunikasi efektif pada khalayak luas, menjangkau, tepat sasaran seluruh elemen masyarakat kini,nanti dan esok namun harus selalu didukung oleh alat yang memadai dan diarahkan supaya seluruh elemen rakyat bisa merasakannya digitalisasi inovasi daring.

Negara-Negara Maju saja sudah melakukan membuat inovasi digitalisasi daring,teknologi, Pemerintah Terbuka Digitalisasi (Open Gov Digital) untuk akuntabel,tranparansi dan Profesional,Demokratis serta untuk Jujur,fasilitas publiknya ada wifi,mobil otonom hadir dan bahkan sudah mulai berlomba-lomba membuat mobil terbang supaya perjalanan aktifitas kehidupannya lebih cepat,praktis,efisien dan hemat waktu dalam melakukan kunjungan perjalanan aktifitas.

Sudah saatnya Indonesia mengikuti trend global,mengikuti perkembangan zaman untuk maju, Pemerintah Indonesia harus mendukung, mengarahkannya,edukasi,sosialisasi inovasi digitalisasi ke seluruh elemen masyarakat Indonesia hingga kepelosok, perlu adanya wifi di fasilitas publik seperti transportasi publik seluruh Indonesia, dan fasilitasi alat guna mengikuti perkembangan zaman digitalisasi.

Indonesia Maju,Digitalisasi,Indonesia Online (daring),Indonesia Adil, Indonesia Baik & Bersih dalam Penyelenggara Negara

Penulis: Raden Cahyo Prabowo,S.I.Kom,M.I.Kom

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x