Mohon tunggu...
Raynt Teten
Raynt Teten Mohon Tunggu... Lainnya - S1

Mahasiswa aktif Teknik Sipil Universitas Parahyangan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

6 Oktober 2022   00:28 Diperbarui: 6 Oktober 2022   00:32 35 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Gladi Hominisasi merupakan serangkaian acara wajib untuk mahasiswa Universitas Parahyangan dalam rangka menanamkan pengembangan diri dan pemanusiaan bagi para mahasiswa. Ada 3 gladi yang tersedia, dan saya mengikuti gladi hominisasi yang diadakan pada tanggal 1 oktober 2022.

beberapa tugas diberikan saat sebelum mengikuti acara gladi, yakni mengerjakan tugas pra gladi yang membahas soal budaya, kewarganegaraan serta pendapat mahasiswa terhadap video video edukatif lainnya. Yang saya pilih disini yaitu video edukatig mengenai kampung naga.

Saat rangkaian acara gladi, kita dijelaskan materi tentang bagaimana cara mempresentasikan sesuatu dengan sikap/gestur yang benar, kerjasama tim saat dibentuk kelompok dari fakultas yang berbeda beda, sampai dengan penilaian dan masukan kepada masing masing mahasiswa dalam mempresentasikan suatu materi.

Kami berdinamika bersama dalam serangkaian acara tersebut, dan di akhir sesi dipresentasikan tentang apa yang sudah kami diskusikan. Tidak lupa juga diseling oleh game kahoot agar gladi ini berjalan tidak monoton.

Dari acara gladi ini, saya mendapati bahwa nilai nilai yang ditanamkan oleh para pembimbing ini sangat penting bagi para mahasiswa kedepannya. 

Terutama warga negara sangat memerlukan nilai bahasa yang baik serta logika dalam penerapannya, karena singkatnya kita manusia hidup dari berbagai macam latar belakang, tetapi bahasa yang mempersatukan serta logika yang meluruskan rasa kemanusiaan. dari gladi ini kita dibuat berkelompok, dengan orang yang berlatar belakang berbeda beda, maka nilai itu perlu diterapkan.

Nilai nilai tadi lah yang mendukung saya dalam perkuliahan, baik dalam memecahkan berbagai masalah, bersosialisasi, serta menjalani perkuliahan di Universitas Katolik Parahyangan. Dan cara saya meningkatkan potensi dalam diri saya yaitu dengan bercermin / refleksi atas diri saya sendiri, dengan memberi penilaian serta mengevaluasi penilaian dari masyarakat sekitar agar dapat berkembang lebih lagi.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan