Mohon tunggu...
Ray Mond
Ray Mond Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Trisakti School of Management

Mahasiswa TSM

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Apa itu Tim dan Tipe dari Tim Itu Sendiri?

13 November 2021   23:13 Diperbarui: 13 November 2021   23:17 57 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Definisi dari tim adalah unit yang terdiri dari dua orang atau lebih yang berinteraksi dan berkoordinasi mengenai pekerjaan mereka dengan harapan bisa mencapai tujuan atau tujuan bersama yang dimana hal itu bisa menjadi komitmen mereka dan saling bertanggung jawab. Beberapa fitur utama membedakan sebuah tim. Misalnya, tim yang terdiri dari ahli bahasa, psikolog, ahli statistik, dan insinyur perangkat lunak di Facebook memiliki tujuan yang jelas (tujuan bersama) untuk mendesain ulang mesin pencari Facebook yang tidak efektif sehingga dapat lebih memahami bahasa manusia (bukan hanya komputer).

Nah sebagai Pemimpin kita sebagai itu harus bisa harus mengoordinasikan upaya dari anggota tim dan bekerja sama dalam artian  saling bergantung untuk menyelidiki, merancang, menguji, dan mengembangkan mesin pencari baru. Tim pengembangan atau yang bekerja di bagian pengembangan  adalah unit yang berbeda dengan keanggotaan yang terpisah dari tim lain. Jadi dapat dikatakan tim pengembangan itu memiliki tugas yang berbeda dengan yang lainnya. Maka dari itu tim itu perlu anggota tim yang bisa bekerja bersama selama lebih dari satu tahun untuk menyelesaikan pengkodean awal dan pengujian alat pencarian baru dan melanjutkan pekerjaan mereka untuk menyempurnakan mesin pencari baru, yang diharapkan Facebook dapat bersaing dengan pemimpin pencarian Google.

Nah sekarang terdapat tipe tipe dari tim yaitu :

  • Functional Teams
  • Tim fungsional (Functional Teams) adalah bagian dari hierarki vertikal tradisional. Jadi tim fungsional ini itu lebih kearah isinya itu berupa supervisor dan bawahannya sesuai dengan rantai komando yang formal . Selain itu juga tim functional ini mmpunyai kemampuan untuk merangkul minimal tiga dan maksimal 4 tingkat hirarki di sebuah departemen atau perushaan .Biasanya, tim fungsional membentuk satu departemen dalam organisasi. Misalnya, departemen kontrol kualitas di Blue Bell Creameries di Brenham, Texas, adalah tim fungsional yang menguji semua bahan yang masuk untuk memastikan hanya produk terbaik yang masuk ke es krim perusahaan.
  • Cross-Departmental Teams
  • Lalu ada Tim lintas departemen , nah tim lintas departemen ini sendiri terdiri dari anggota dari berbagai departemen yang ada dalam organisasi. Tim ini sering disebut sebagai tim lintas fungsional. Tim lintas departemen biasanya digunakan oleh perusahan  untuk proyek yang sedang dibangun karena tim ini mempengaruhi beberapa departemen dan oleh karena itu memerlukan banyak pandangan untuk dipertimbangkan. Lalu Tim lintas departemen ini juga memfasilitasi berbagi informasi lintas batas fungsional, kemudian juga menghasilkan saran untuk mengkoordinasikan departemen yang diwakili, laluj juga tim ini mampu mengembangkan ide serta solusi baru untuk masalah organisasi atau perusahaan  yang ada, dan  tim ini juga membantu mengembangkan praktik atau kebijakan baru yang mungkin nantinya akan diterapkan .
  • Evolution to Self-Directed Teams
  • Nah ini yang terakhir Tim lintas departemen dapat dikatakan  sistemnya itu secara bertahap berkembang untuk menjadi tim mandiri. Nah tim mandiri itu sendiri terdiri dari karyawan yang bekerja dengan pengawasan minimum serta merotasi pekerjaan dengan tujuan untuk menghasilkan keseluruhan produk atau layanan, atau setidaknya satu aspek atau bagian lengkap dari produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan atau organisasi ..
  • Jadi dapat dikatan  Tim fungsional  ini lebih kearah mengelompokkan individu berdasarkan dari keterampilan dan aktivitas Bersama yang dilakukan dalam struktur tradisional. Lalu terdapat juga kepemimpinan yang didasarkan pada hierarki vertikal. Kemudia disini ada tim lintas departemen, yang dimana anggota dari tim ini memiliki lebih banyak kebebasan dari hierarki,tetapi tim biasanya itu sendiri masih berpusat pada pemimpin dan diarahkan oleh pemimpin yang ada didalam perusahaan. Kemudian Pemimpin atau leader ini sendiri paling sering ditugaskan oleh organisasi atau perusahaan dan biasanya seorang supervisor atau manajer dari salah satu departemen yang diwakili dalam tim.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan