Mohon tunggu...
Rayi Angger
Rayi Angger Mohon Tunggu... Halo

mengabadikan momen itu, asik!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Wikilatih bersama Wikimedia Indonesia

14 November 2018   09:04 Diperbarui: 19 November 2018   00:17 188 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wikilatih bersama Wikimedia Indonesia
Dokumentasi pribadi

Universitas Atma Jaya Yogyakarta, kampus empat, kedatangan tamu dari Wikimedia Indonesia. Kedatangan Wikimedia bermaksud memberikan edukasi pada mahasiswa Ilmu Komunikasi mengenai tata cara penulisan dalam Wikipedia, serta bagaimana melakukan penyuntingan pada artikel yang dibuat oleh diri sendiri atau orang lain.

Wikipedia merupakan ensiklopedia yang dapat disunting oleh semua orang dan dapat dirubah dengan cepat. Hal ini menjadikan Wikipedia sumber yang tidak bisa menjadi referensi akademik, karena keabsahan data belum melalui proses verifikasi.

Perhatian saya mulai ditarik ketika Wikimedia Indonesia ternyata berusaha untuk mengangkat kembali naskah-naskah Nusantara yang telah ditinggalkan. Kesadaran dari pihak Wikimedia Indonesia ini berangkat dari representasi Indonesia di internet masih sangat kurang, sehingga naskah-naskah kuno dari para pembangun Nusantara akan dapat diakses oleh seluruh warga dunia.

Platform Wikipedia rupanya tidak hanya sekedar untuk menulis, bagi yang menyukai bidang fotografi pun difasilitasi. Konten tulisan di Wikipedia perlu diperkaya dengan adanya foto, salah satu yang dilakukan Wikimedia Indonesia adalah membuat Wiki Cinta Budaya. Sebuah kompetisi foto yang membuat para fotografer di Indonesia mengirimkan foto-foto terbaiknya tentang Indonesia agar representasi negara tercinta di mata dunia lebih baik lagi.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Bagi kalian yang menyukai Shakespreare atau sastrawan lainnya, siapa sangka dapat menemukan karya-karya beliau dalam Wikipedia. Yakni Wiki Source yang menjadi wadah bagi karya-karya sastra di seluruh dunia. Teknologi serta kontribusi dari seluruh warga dunia membuat Wikipedia dapat memperlihatkan artikel-artikel serta karya sastra dalam alih bahasa yang diinginkan. Layaknya sapu lidi yang dikumpulkan, Wikipedia juga kuat berkat seluruh orang yang bekerjasama di dalamnya.

Terdapat setidaknya 47 juta artikel, serta 299 bahasa dunia tersedia dalam Wikipedia. Platform yang menurut saya cocok untuk menambah wawasan, tapi tidak bisa dengan sembarangan dipercaya. Ilmu dapat berubah sewaktu-waktu ketika menemukan fakta yang lebih dapat dipercaya daripada sebelumnya. Sikap untuk kritis sangat diperlukan bagi para pengakses Wikipedia, agar tidak mudah tergiring artikel yang tertulis.

Terdapat fakta menarik yang dipaparkan oleh Cahyo Ramdhani, ia menjelaskah bahwa terdapat isu mengenai gender gap. Ternyata 8 dari 10 kontributor di Wikipedia adalah pria. Menanggapi hal tersebut, Wikimedia Indonesia berusaha membuat kontribusi wanita di internet lebih tinggi lagi dari sebelumnya.

Kegiatan yang dilakukan oleh Wikimedia Indonesia saya rasa bermanfaat bagi para penulis muda. Tidak melulu soal Wikipedia, tapi Wikimedia Indonesia juga mengajarkan kaidah menulis yang baik, termasuk menyebarkan nilai-nilai moral yang 'pas' untuk dimasukkan ke internet.

VIDEO PILIHAN