Mohon tunggu...
M Rayhan Labib Afifi
M Rayhan Labib Afifi Mohon Tunggu... Attitude Is Everything

SMK TELKOM MALANG

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Ancaman dan Strategi Mengatasi Pandemi Covid-19 di bidang Ekonomi, Sosial Budaya, dan Pertahanan

27 Januari 2021   21:20 Diperbarui: 27 Januari 2021   21:22 264 0 0 Mohon Tunggu...

Pandemi COVID 19 ini Belum usai di negara kita, sehingga banyak ancaman dari berbagai bidang Ekonomi,Politik,Sosial Budaya dan Pertahanan. Lalu Bagaimana Strategi negara untuk mengatasi ancaman dipandemi ini ?
Berikut Ulasannya

1. Ancaman Bidang Politik

Adanya penundaan Pilkada Indonesia 2020 serentak dari 23 September paling cepat menjadi 9 Desember atas usul Komisi Pemilihan Umum. Selain Pilkada, dampak yang paling dirasakan pada bidang politik adalah teguran dari Presiden Joko Widodo kepada jajaran menteri pada Kabinet Indonesia Maju. Teguran disampaikan dalam sidang kabinet paripurna pada 18 Juni karena program dan dana yang dikucurkan tidak mengalir secara optimal hingga ke masyarakat. 

Teguran yang disampaikan juga bermuara pada implikasi politik, yakni perombakan kabinet hingga pembubaran lembaga negara yang juga disampaikan oleh Presiden Joko Widodo. Langkah ini akan diambil jika diperlukan dalam rangka mempercepat pemulihan kondisi darurat akibat Covid-19.

 Strategi Mengatasi ancaman dalam bidang Politik
Strategi yang dilakukan untuk menghadapai ancaman di bidang Politik adalah tetap menjaga stabilitas politik agar tidak runtuh di tengah ancaman krisis multidimensi. Di tengah persoalan kesehatan dan ekonomi, ketidakstabilan politik hanya akan memperparah situasi sehingga dibutuhkan upaya untuk mempererat solidaritas kabinet.

2. Ancaman dalam Bidang Ekonomi

Dampak Pandemi COVID 19 pada bidang ekonomi, seperti penutupan kegiatan usaha UMKM Ataupun Pekerja Kantor, sebagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang juga berdampak pada besarnya jumlah pekerja yang harus PHK/Dirumahkan. 

Strategi Mengatasi ancaman dalam dbidang Ekonomi

Strategi yang bisa dilakukan untuk menghadapi ancaman di bidang Ekonomi adalah menata sektor ekonomi kembali seiring relaksasi pembatasan sosial pada sejumlah daerah, seperti Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Pelonggaran PSBB secara berhati-hati, dan Mempercepat Reformasi Ekonomi (RUU Cipta Kerja).

 

3. Ancaman dalam bidang Sosial Budaya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x