Memang saat ini banyak sekali pekerjaan dibidang digital marketing tapi apakah sudah tahu digital marketing itu sendiri? kalo belum, baca artikel ini sampai habis ya !
Apa Itu Digital Marketing
Digital marketing sama halnya dengan marketing pada umumnya, yang membedakan adalah media publishnya saja. Digital marketing sama dengan marketing konvensional pada umumnya, harus memiliki kemampuan dalam hal marketing seperti :
- Paham riset pasar
- Mengetahui target audience
- Memiliki ide kreatif
- Mengikuti/membuat tren saat ini
- Mengetahui budgeting marketing
Terdengar mudah kan? Praktiknya tidak seperti ini.
Pengertian digital marketing sendiri adalah usaha menarik seseorang untuk mengetahui produk atau jasa yang kita tawarkan hingga melakukan pembeli/pemakaian produk atau jasa tersebut, proses ini dilakukan secara digital, baik menggunakan search engine, media social dan lainnya.
Contoh Digital Marketing
Seseorang yang bekerja sebagai digital marketer memiliki beberapa spesialisasi,
- Content Marketing
- Advertiser
- Digital Marketing Planner
Content Marketing
Content marketing memiliki spesialisasi dalam pembuatan konten konten dalam social media. Content marketing bertanggung jawab untuk menaikkan awareness social media dari suatu brand secara organic (tanpa melalui iklan berbayar).
Advertiser
Advertiser memiliki spesialisasi untuk ngabisin uang perusahaan tapi dengan cara yang benar. Itu Bahasa gampangnya, inti dari tugas seorang advertiser adalah mengiklankan sebuah produk atau jasa kepada orang - orang secara spesifik melalui iklan berbayar melalui platform social media atau search engine. Advertiser juga bertanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran produk hingga mencapai "closing", namun itu tegantung dari objektif atau kebutuhan perusahaan.