Mohon tunggu...
Ravena Eka
Ravena Eka Mohon Tunggu... Penulis - Universitas Diponegoro

Mahasiswa Biologi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Edukasi Pembuatan POC Limbah Sayuran bersama Sobat Tani

14 Agustus 2022   10:02 Diperbarui: 14 Agustus 2022   10:10 52 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Semarang (13/08/2022) -- Kelurahan Kembangarum merupakan salah satu kelurahan terpadat di Kecamatan Semarang Barat. Hal ini tentunya mengakibatkan tingginya tingkat konsumsi serta tingginya tingkat pembuangan khususnya limbah organik seperti sisa sayuran. Sampah organik tersebut hanya dibuang tanpa adanya pengolahan terlebih dahulu. 

Oleh karena itu, pada hari Selasa, 04 Agustus 2022, Ravena Eka Julianti salah satu mahasiswa KKN Tim II Undip 2022 melakukan program edukasi tentang pengaplikasian pupuk organik cair (POC) menggunakan limbah sisa sayuran untuk mengurangi sampah organik.

Kelurahan Kembangarum memiliki potensi untuk budidaya tanaman seperti tanaman toga, selada dan ketela. Akan tetapi, perawatan tanaman tersebut belum dilakukan secara maksimal oleh warga Kembangarum. Bersama sobat tani, dilakukan edukasi mengenai perawatan tanaman dan pengaplikasian pupuk organik cair (POC) dari limbah sisa sayuran. Program kerja ini disusun untuk memenuhi tujuan pemberdayaan SDG's no. 2 yaitu untuk mencapai ketahanan pangan, memperbaiki nutrisi dan mempromosikan pertanian yang berkelanjutan.

Sasaran dari program ini yaitu Kelompok Wanita Tani (KWT) Kelurahan Kembangarum. Program edukasi ini dilakukan dengan pembelajaran interaktif secara langsung dan menggunakan leaflet yang diberikan kepada peserta mengenai tutorial, penggunaan, dan keunggulan pupuk organik cair.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat lebih perhatian terhadap keberadaan limbah sisa sayuran agar tercipta lingkungan hidup yang lebih bersih dan sehat. Selain itu, masyarakat dapat memperoleh pengetahuan baru mengenai tata cara pembuatan POC secara sederhana dengan alat dan bahan yang mudah didapat.

Dokpri
Dokpri

"Terimakasih kepada Mahasiswa KKN Undip dan sobat tani yang telah memaparkan sosialisasi mengenai perawatan tanaman dan pengaplikasian pupuk. Diharapkan, setelah kegiatan ini, apa yang telah diajarkan dapat diaplikasikan ke KWT masing-masing," ucap Anik Sudarsih, selaku ketua kelompok FKK Kelurahan Kembangarum.

Penulis : Ravena Eka Julianti (Biologi, 24020119120007)

DPL : Dr. Noer Abyor Handayani (Noera), S.T., M.T.

Lokasi : Kelurahan Kembangarum, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan