Mohon tunggu...
Raul Julito Safarrel
Raul Julito Safarrel Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Saya merupakan Mahasiswa Fakultas Hukum yang senang mempelajari sesuatu hal yang baru, dan tertarik di bidang teknologi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pengabdian Masyarakat Mahasiswa UNTAG Surabaya dengan Menciptakan Taman TOGA Berbasis Digital

30 Juni 2022   17:45 Diperbarui: 30 Juni 2022   18:09 68 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Surabaya, 29 Juni 2022- Pada pandemic COVID-19 yang masih melanda Indonesia khususnya di Kota Surabaya, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya tetap semangat dalam berkegiatan KKN. Meskipun dalam kegiatan KKN pada tahun ini dilakukan secara individu di domisili masing-masing dikarenakan kasus COVID-19 yang mulai meningkat lagi, namun antusias dari mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 untuk mengabdi kepada masyarakat cukup tinggi sehingga apapun kondisinya tidak akan menghambat aktivitas KKN.

Mahasiswa bernama Raul Julito Safarrel Gamawanto dari Fakultas Hukum, Prodi Ilmu Hukum, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melakukan kegiatan KKN di Rungkut Mapan Timur RT.03 RW.09, Kota Surabaya dengan program penanaman tanaman toga berbasis digital serta penciptaan website edukasi atas bimbingan dari Ibu Dr. Erny Herlin Setyorini, S.H., M.H. selaku Dosen Pembimbing Lapangan.

Pada kegiatan pengabdian masyarakat kali ini, Raul Julito sebagai pelaksana mengusung program kerja penanaman tanaman toga berbasis digital yang memiliki tujuan untuk mengenalkan mengenai manfaat dari tanaman toga kepada masyarakat khususnya pada warga Rungkut Mapan Timur RW.09 untuk persiapan menghadapi era endemi. Kegiatan tersebut sangat cocok untuk dilaksanakan karena penanaman toga memiliki segudang manfaat yang dapat digunakan oleh warga sekitar, seperti contohnya sebagai obat-obatan tradisional. Kelebihan lain dari tanaman toga yaitu warga tidak perlu khawatir mengenai efek samping yang ada, karena tanaman toga termasuk obat alami. Sehingga pada era endemi dalam menjaga keimunitas tubuh warga dapat menggunakan tanaman tersebut dan menghembat biaya Kesehatan.

laporan-harian-2-62bd844f725d242d23752312.jpeg
laporan-harian-2-62bd844f725d242d23752312.jpeg
Tanaman yang ditanam di Rungkut Mapan Timur RT.03 RW. 09 antara lain Kunyit, jahe merah, sereh wangi, sambung nyowo, kejih beling, daun sendok, kumis kucing, daun salam, sirih kinang, daun dewa, cincau hijau, binahong, sirih hitam, rosella, melati, kemuning, dan zodia. Pada saat berkegiatan KKN masyarakat khususnya warga Rungkut Mapan Timur RW.09 sangat antusias dalam membantu melakukan program kerja. Beberapa warga juga membantu dalam mempercantik taman perumahan seperti pengecatan pembatas tanaman, serta membantu menanam tanaman, lalu adapula warga yang ikut menyumbang beberapa tanaman toga untuk meramaikan serta mendukung program penanaman tanaman toga.

Dokpri
Dokpri

Selain itu Raul juga membuatkan website untuk wadah informasi mengenai manfaat setiap tanaman toga. Agar terlihat canggih, tanaman toga diberi label barkode yang nantinya akan tersambung pada website yang telah dibuat. Kegiatan ini bertujuan agar mengedukasi masyarakat mengenai Digitalisasi yang nantinya dapat mempermudah masyarakat dalam mencari informasi. Kegiatan KKN ini pada akhirnya disosialisasikan pada warga sekitar Rungkut Mapan Timur RT.03 RW.09.

Kegiatan pengabdian ini yang dilaksanakan selama 12 hari kerja dibawah bimbingan Ibu Dr. Erny Herlin Setyorini, S.H., M.H. selaku Dosen Pembimbing Lapangan. Serta Bapak Pudjiono selaku Ketua RW.09 Rungkut Mapan Timur, Kelurahan Rungkut Tengah, Kecamatan Gunung Anyar. Berhasil dilakukan serta mendapatkan kesan positif dari warga sekitar, “dengan adanya kegiatan KKN ini dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya tentu saja saya ucapkan terima kasih karena dapat membantu dan mengembangkan apa yang ada di lingkungan Rungkut Mapan Timur RW.09, semoga kegiatan yang telah dilakukan dapat bermanfaat bagi warga sekitar” ujar Pak Pudjiono selaku Ketua RW.09 Rungkut Mapan Timur.

Dokpri
Dokpri

#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #Kampuskompeten

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan