Mohon tunggu...
Raudhatul Ilmi
Raudhatul Ilmi Mohon Tunggu... Freelancer - Content Writer & Script Writer

Jangan Pernah Protes pada Proses

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Toleransi dan 3 Tahapan Pensyariatan Ibadah Puasa

23 Maret 2023   10:32 Diperbarui: 23 Maret 2023   10:49 903
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi ramadhan/pinterest

Akhir akhir ini saya tidak terlalu memperhatikan tanggal merah di kalender. Sehingga saya mengira kemarin adalah hari libur menjelang ramadhan. Namun setelah saya melihak topik pilihan dikompasiana ternyata tanggal 22 juga perayaan bagi agama lain yakni Nyepi.

Pantas saja kemarin saya banyak melihat kompasianer menulis tema terkait toleransi antar beragama.

Toleransi antar agama memang sangat dibutuhkan di dalam kehidupan kita agar adanya saling menghormati dengan perbedaan yang ada apalagi Indonesia memiliki agama lebih dari satu.

Ngomongin saling menghormati dan toleransi sebenarnya juga sudah tercantum dalam UUD pasal 29 ayat 2 yakni "Setiap warga negara berhak memeluk agama dan beribadah sesuai agama dan  kepercayaannya masing-masing"

Bahkan pasal 29 ini adalah salah satu pasal yang wajib dihafal ketika saya masih sekolah dulu. Itu artinya instansi pendidikan sangat menghargai nilai toleransi.

Namun disekitar saya yakni di Aceh sangat sulit menemukan orang yang beragam hindu maka saya hanya ingin menyampaikan rasa toleransi lewat artikel ini.

Selain itu saya juga ingin sedikit berbagi ilmu tentang Ramadhan sesuai dengan apa yang saya pelajari didalam agama saya. Bulan ramadhan identik dengan pensyariatan ibadah puasa.

Ibadah puasa termasuk salah satu rukun Islam. Pensyariatan ibadah puasa sudah dimulai pada tahun ke-2 Hijriah. namun ternyata syariat puasa tidak langsung seperti yang kita lakukan saat ini.

Berdasarkan kajian bab puasa yang pernah saya pelajari dalam kitab Bulughul maram, ternyata penyariatan puasa itu dibagi kedalam 3 tahapan yakni:

Ilustrasi puasa/istock
Ilustrasi puasa/istock
1. Puasa hanya sebagai pilihan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun