Mohon tunggu...
Raudhatul Ilmi
Raudhatul Ilmi Mohon Tunggu... Freelancer - FOUNDER @Cerdasinvestasi.id dan Pengamat Sepakbola

"Sebaik-baik kamu adalah yang bermanfaat bagi orang lain"

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

Instrumen yang Tepat untuk Menyimpan Dana Darurat

10 September 2022   07:40 Diperbarui: 12 September 2022   10:36 534 33 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi investasi. Sumber: Shutterstock/Lookerstudio via Kompas.com

Halo kompasianers dan reader semuanya, pada bahasan sebelumnya penulis sudah pernah membahas tentang 3 hal yang harus dipahami dalam mempersiapkan dana darurat dan bagaimana cara menghitung dana darurat yag ideal dengan menggunakan 3 indikator

Maka pada bahasan sekarang penulis akan membahas di mana sebaiknya kita menyimpan dana darurat tersebut.

Sudah menjadi rahasia umum apabila kita menyimpan  dana darurat di rekening yang kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, maka besar kemungkinan dana darurat tadi malah akan habis terpakai. 

Lalu kita harus gimana dong? tenang aja karna penulis akan spill caranya. Kuy langsung saja

Ada 3 hal penting yang perlu anda perhatikan ketika memilih instrumen untuk menyimpan dana darurat. Instrumen yang anda pilih harus bersifat aman, mudah diakses, dan tentunya mudah untuk dicairkan (likuid). Hal ini bertujuan agar dana darurat bisa diambil kapanpun yang kita mau terutama saat situasi genting terjadi.

Coba anda bayangkan, misalnya anda menyimpan dana darurat di instrumen yang berisiko tinggi seperti saham dan reksadana saham. Ketika anda butuh, karena tiba-tiba motor harus masuk bengkel, eh ternyata portofolionya sedang merah dan nilai sahamnya lagi turun. 

Jadinya anda malah terpaksa mencairkan portofolio anda saat nilainya sedang turun dan akhirnya malah menderita kerugian.

Itulah alasan utama, kita nggak bisa asal pilih instrumen untuk menyimpan dana darurat kita. Lalu instrumen apa aja yang cocok untuk menyimpan dana darurat. Berikut ini ada beberapa instrumen ya cocok yaitu:

1. Tabungan Bank

Tabungan di bank adalah instrumen yang paling umum digunakan untuk menyimpan dana darurat karena memiliki likuiditas yang tinggi alias mudah dicairkan dan juga aksesnya yang sangat mudah. Bahkan anda dapat mengambil dananya kapanpun yang anda mau tanpa kena pinalti, misalnya di tengah malam saat membutuhkan ya tinggal ambil aja ga ada yang larang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan