Mohon tunggu...
Raudhatul Ilmi
Raudhatul Ilmi Mohon Tunggu... Freelancer - FOUNDER @Cerdasinvestasi.id dan Pengamat Sepakbola

"Sebaik-baik kamu adalah yang bermanfaat bagi orang lain"

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Investasi yang Cocok untuk Persiapan Dana Pendidikan Anak

2 September 2022   04:59 Diperbarui: 2 September 2022   05:08 168 21 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber ilistrasi/Finansial Bisnis

Halo kompasianers dan pembaca semuanya, pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang hal-hal yang harus dipahami dalam persiapan dana pendidikan anak. Dan pada artikel kali ini penulis akan melanjutkan topik persiapan dana pendidikan bagi anak.

Adapun yang menjadi bahasan kali ini adalah tentang investasi yang cocok dalam mempersiapkan dana pendidikan anak. Baiklah ga usah berlama-lama mari langsung kita bahas aja.

Berbicara tentang pilihan instrumen investasi, tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas jangka waktu investasi. Karna jangka waktu itu sangat menentukan dalam hal pemilihan investasi yang akan kita canangkan. Berikut ini adalah pembagiannya:

1. Investasi jangka pendek
Dalam dunia keuangan dan Akuntansi termasuk dalam lingkup jangka pendek apabila kurang dari satu tahun. Begitupun dalam bahasan kali ini, yang dimaksud dengan investasi jangka pendek adalah investasi yang dilakukan kurang dari satu tahun. 

Nah untuk instrumen investasi yang cocok untuk jangka waktu satu tahun antara lain:

A. Deposito
Deposito adalah salah satu instrumen investasi yang cocok untuk jangka pendek. Untuk anda yang berorientasi pada kesyariahan investasi maka anda bisa memilih deposito syariah. Produk keuangan perbankan ini memberikan imbal hasil dan juga jangka waktu investasi bisa ditetapkan di awal.

Walaupun imbal hasil yang kita dapatkan relatif rendah, tapi deposito merupakan investasi yang juga rendah risiko dan memiliki alternatif pilihan untuk jangka waktunya yakni 3,6, sampai 12 bulan sehingga cocok untuk investasi jangka pendek. 

Misalnya, anda mulai berinvestasi deposito dengan estimasi imbal hasil 3,25% per tahun dan jatuh tempo 6 bulan maka cocok untuk persiapan masuk TK.

B. Reksa Dana Pasar Uang (RDPU)
Selain deposito, instrumen investasi jangka pendek lain adalah Reksadana Pasar Uang (RDPU). Jenis reksa dana ini memiliki risiko yang rendah karena RDPU ini menempatkan assetnya di instrumen pasar uang seperti deposito dan obligasi dengan jatuh tempo kurang dari 1 tahun.

Pergerakan RDPU pun cenderung stabil meningkat dari waktu ke waktu sehingga cocok untuk anda yang ingin investasi jangka pendek. Selain itu, RDPU juga memiliki likuiditas tinggi yakni waktu pencairan yang lebih cepat dibandingkan jenis reksa dana lainnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan