Mohon tunggu...
Raudhatul Ilmi
Raudhatul Ilmi Mohon Tunggu... Freelancer - FOUNDER @Cerdasinvestasi.id

"Sebaik-baik kamu adalah yang bermanfaat bagi orang lain"

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Mindset Investasi bagi Pemula

20 Juli 2022   10:20 Diperbarui: 20 Juli 2022   11:32 190 16 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber ilustrasi:Djkn.kemenkeu.go.id

Investasi bukanlah hal yang asing ditelinga para millenial masa kini. Hanya saja yang mereka pikirkan ketika mendengar kata investasi adalah mencetak uang dan kaya dalam waktu yang ga pake lama. 

Mindset yang demikian tidaklah benar karna segala sesuatu yang kita jalani dalam hidup ini butuh proses dan ga ada yang instan, bahkan mie instan sekalipun minimal harus direbus terlebih dahulu baru bisa dimakan.

Selain itu banyak pula dari mereka yang menganggap bahwa investasi itu hanya untuk orang kaya saja dan membutuhkan modal yang cukup besar. Padahal nyatanya saat ini banyak juga para perusahaan pialang (broker) yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah banyak memberikan kemudahan sehingga investasi ini bisa dijangkau oleh semua kalangan bahkan dengan modal Rp. 100.000 saja sudah bisa membuat anda membeli saham pertama dan menjadi investor di pasar Modal indonesia. Keren kan?

Banyak hal yang sebenarnya mudah tapi pikiranlah yang membuat segalanya terasa susah dikarenakan otak dipenuhi angan-angan yang terkadang malah tidak rasional dan sulit menjadi kenyataan sehingga membuat orang-orang menjadi enggan untuk memulai.

Lalu apa mindset yang harus kita tanamkan sebagai pemula dalam dunia investasi?

sumber ilustrasi:Cgs.cimb.co.id
sumber ilustrasi:Cgs.cimb.co.id
Jadilah orang yang mau berproses

Bukankah jarak 1000 mil itu berawal dari 1 mil. Jika kita tidak menghargai yang sedikit maka kita juga tidak mendapatkan yang banyak. Bahkan seperti yang Tuhan Firmankan dalam kitab suci bahwa "Barangsiapa yang bersyukur maka akan Kutambahkan nikmat-Ku untukmu dan jika engkau kufur maka adzab-Ku sangat pedih"

Mulailah dari nominal kecil

Mungkin sebagian dari kita akan berkata, jika nominalnya kecil kapan kayanya? Nah pola pikir yang seperti ini harus diubah. Mengapa nominal kecil? Karna awal mula kita berinvestasi itu bukan untuk berlomba cepat kaya melainkan membangun habit yang baik terlebih dahulu. Jika kebiasaan baik sudah bisa tertanam maka hal baik lainya akan mudah untuk didapatkan

Mulailah dari sekarang

Orang Eropa bilang waktu adalah uang atau coba tanyakan pentingnya waktu bagi atlet lari kau akan tau bahwa satu detik saja sangat berharga karna kalah menang bisa saja terjadi karna perbedaan waktu walaupun hanya satu detik saja. maka dari itu jangan pernah sia-siakan waktu. Apalagi kalau kita berbicara investasi semakin cepat kita memulai maka akan semakin baik, karna tujuan dari investasi adalah menyiapkan masa depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan