Mohon tunggu...
Ratu Aulia Pakungwati
Ratu Aulia Pakungwati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa di Universitas Diponegoro

Pense comme une reine

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Tim 2 Undip Periode 2021/2022 Berinisiatif Mengenalkan Tempat Menabung yang Tepat ke Siswa Sekolah Dasar

11 Agustus 2022   09:36 Diperbarui: 11 Agustus 2022   10:03 63 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Indonesia masuk peringkat ke-3 dengan masyarakat yang memiliki perilaku konsumtif yang tinggi. Perilaku konsumtif akan menimbulkan penyimpangan sosial apabila kegiatan konsumsi sudah melebihi batas konsumsi masyarakat pada umumnya. 

Perlu adanya pencegahan agar perilaku ini tidak menyimpang. Salah satu langkahnya adalah melakukan perencanaan keuangan dengan menabung. Selain mencegah penyimpangan sosial karena perilaku konsumtif yang berlebihan, menabung dapat membantu untuk mengurangi kebiasaan konsumtif, mempersiapkan pengeluaran di masa mendatang, dan dapat menganstisipasi pengeluaran uang tidak terduga.

Menabung perlu dibiasakan sejak dini agar orang menjadi konsisten dan komitmen dalam menabung. Oleh sebab itu penting untuk mengenalkan menabung sejak anak-anak. 

Menyadari bahwa pentingnya mengenalkan menabung sejak anak-anak, mahasiswa KKN Tim 2 Undip Periode 2021/2022 Kelurahan Kembangarum berinisiatif mengadakan serangkaian kegiatan sosialisasi yang bertema "Gemar Menabung" kepada siswa kelas 4A di SDN Kembangarum 01. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 26 Juli 2022.

Siswa kelas 4 SD sudah memahami pentingnya menabung, namun belum cukup familiar tentang pemilihan opsi tempat menabung. Oleh sebab itu, dalam salah satu rangkaian kegiatan sosialisasi Gemar Menabung, terdapat materi sosialisasi "Pengenalan Tempat Menabung" yang disampaikan oleh Ratu Aulia Pakungwati mahasiswa S1 Statistika, Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro.  

Materi ini memberikan penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan menabung di bank dan di celengan serta memberikan perbandingan keuntungan menabung di salah satu tempat tersebut sesuai dengan kebutuhan menabung siswa. Sosialisasi dilakukan dengan media powerpoint dan video.

Selama penjelasan materi sosialisasi berlangsung para siswa menyimak dengan baik materi yang disampaikan dan terlihat siswa menjadi lebih memahami dalam pemilihan tempat menabung. 

Hal ini terlihat dari antusias siswa dalam merespon pertanyaan dan dapat menajawab pertanyaan dengan baik pada kuis yang dilakukan di akhir materi.

Dokpri
Dokpri

Sebagai bentuk upaya agar materi yang telah disampaikan pada sosialisasi ini diterapkan dan dipraktekan langsung oleh para siswa, di akhir acara mahasiswa KKN Tim 2 Undip Periode 2021/2022 Kelurahan Kembangarum memberikan celengan.

Penulis : Ratu Aulia Pakungwati (S1 Statistika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro)

DPL : Ibu Dr. Noer Abyor Handayani, S.T., M.T.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan