Zainal Khairul
Zainal Khairul Dosen

Dosen Universitas Pasifik Morotai Sekertaris bidang sastra budaya ICMI Orda Morotai Ketua Umum PD PII Metro Makassar 2009-2010, 2010-2011 enalok37@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Saatnya anda Merantau Bung! Indonesia Itu Luas

12 Januari 2018   18:52 Diperbarui: 12 Januari 2018   19:00 161 3 0
Saatnya anda Merantau Bung! Indonesia Itu Luas
Ilustrasi: singularination.blogspot.co.id

Saatnya anda merantau bung Indonesia itu Luass....sampai kapan kita terus berdiam diri di kota kelahiran terutama di kota-kota besar. Semakin hari saya melihat daya tampung perkotaan semakin tidak bisa menampung warganya. 

Kawasan fasilitas sosial pun kini di banguni ruko-ruko berjejer untuk menampung daya penduduk dan pusat bisnis yang terus berkembang di perkotaan. Hampir di kata saat lapangan kerja  perkotaan sudah sangat penuh sesak dan penuh persaingan. Akibatnya banyak terjadi pengangguran. 

Bersyukurlah kita di anugrahi wilayah Indonesia yang begitu luas terdiri dari ratusan ribu pulau bahkan masih banyak pulau -pulau yang tak berpenghuni. Sangat sayang jika hal tidak di manfaatkan untuk pembangunan masyarakat Indonesia. 

Alhamdulillah patut kita bersyukur saat ini Pembangunan di kawasan transmigrasi, ternyata  mampu menarik perhatian investor, terutama di sector pertanian dan perkebunan Saat ini, terdapat sekitar 43 badan usaha yang telah berinvestasi di daerah transmigrasi, 

Total nilai investasi mencapai Rp 15 triliun. Investor terbanyak di kawasan transmigrasi adalah pada sektor perkebunan. Sebagian besar berada di Sumatera Kalimantan. Potensi sumber daya alamnya luas dan belum dimanfaatkan secara maksimal. Potensi yang menjadi peluang untuk dikembangkan.

pemerintah telah membangun 619 kawasan transmigrasi di seluruh Indonesia. Selain itu, melaksanakan melalui pembukaan lahan seluas progam transmigrasi 391.559 hektare. Program tersebut merupakan upaya peningkatkan dan memeratakan pembangunannan di daerah. Sekaligus dukungan terhadap  upaya peningkatan ekspor non-migas nasional.

Investasi bisnis ditanamkan lewat badan usaha Izin Pelaksanaan Transmigrasi TPM. Tercatat 49 IPT yang pada umumnya bergerak di sektor perkebunanan dan tanaman pangan. Kini, daerah IPT telah menjadi pusat produksi komoditas unggulan dari kawasan transmigran  dengan nilai investasi yang fantastik, sekitar Rp 71 triliun.

Pada hakikatnya, transmigrasi menciptakan kawasan pemerataan bagi selunuh lapisan masyarakat. Pembangunan pun tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa atau di kota besar, tetapi merata di seluruh pelosok Tanah Air. Dengan begitu. kesejahteraan bisa dinikmati seluruh rakyat. Hal itu bisa diwujudkan lewat program transmigrasi yang pelaksanaannya dioptimalkan.

Program transmigrasi adalah jalan keluar yang tepat untuk pemerataan kesejahteraan. Penduduk tidak

hanya diajak pindah, tetapi diajak ikut dalam pembangunan wilayah baru. Peran penting transmigrasi, senyata, telah berhasil membangun wilayah-wilayah terpencil di luar Jawa. Wilayah yang berubah menjadi kawasan pertanian yang tumbuh sebagai sentra-sentra produksi. Transmigrasi berkembang menjadi pusat Daerah  Pusat pertumbuhan baru, yang menggerakkan ekonomi wilayah-wilayah sekitar. 

Di antara pusat pertumbuhan tersebut, sebagian terbentuk menjadi pusat pemerintahanan baru. Tercatat sebanyak 68 desa, 385 kecamatan Serta 104 kabupaten dan kota baru hasil transmigrasi Selain itu, transmigrasi berhasil menciptakan ribuan lapangan pekerjaan dan peluang Usaha baru Manfaatnya dirasakan, tidak hanya oleh warga transmigrasi tetapi penduduk secara keseluruhan.