Mohon tunggu...
Moeh Zainal Khairul
Moeh Zainal Khairul Mohon Tunggu... Dosen - Penjelajah

Tenaga Ahli Pendamping UKM Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar 2022 dan 2023 Coach Trainer Copywriting LPK Magau Jaya Digital Lecturer Guru SMP Al AKHYAR

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pak JK yang Mulai Kalem

10 Agustus 2017   12:31 Diperbarui: 10 Agustus 2017   12:46 317
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pak JK di Usian 75 Tahun lebih bijak dan Tenang| kapanlagi.com

Sejak dahulu pak Jk yang mempunyai banyak pemikirian out of the box kini di masa pemerintahan ke dua sebagai wapres ia lebih banyak tenang seperti air mengalir di sungai. 

Penulis sangat merindukan masa masa pak JK sejak jadi Menkokesra dan wapres bersama SBY menelurkan banyak ide ide dan gagasan bagi kemaslahatan bangsa dan Negara. Tercatat konflik Ambon,Poso dan Aceh di selesaikan oleh tangan dinginnya melalui meja perundingan damai. Konfrensi Malino I dan II menjadi saksi bisu resolusi damai di Ambon dan Poso. Begitupun perjanjian Helsinki yang berunding bersama GAM selesai di meja perundingan.

Penulis teringat ketika itu terjadi perundingan serius antara pihak laskar jihad  yang dikisahkan langsung oleh Hamid Awaluddin mantan Menkumham. " Begini ya, saya sudah capek sekali dalam perjalanan seharian di Ambon . Saya capek bukan karena fisik, tetapi otak..Soalnya segala kemungkinan telah saya pakai untuk mendamaikan mereka. Saya minta saudara-saudara ikut dalam proses perundingan damai ini tegas JK .

Begini ya pak , kita harus memahami aspirasi umat islam soal konflik Maluku itu masih banyak yang harus diselasaikan sebelum kita berunding damai. Perundingan damai itu gampang sekali dan masalah tidak akan selesai hanya dengan berunding.

Sontak saja , prak! JK ternyata menggebuk meja , "sebaiknya anda tidak  mengajari saya tentang aspirasi umat islam, ya, Umat Islam selalu cinta damai dan umat Islam di Maluku mau damai, jangan anda mencari cari alasan ini dan itu.. Tidak ada orang islam yang tidak mau damai sebab  kalau tidak damai ,mereka tidak bisa datang ke mesjid , kapan pun Kalau damai orang Islam bisa bersilaturahmi dengan siapa pun , Tahu anda  Islam itu silaturahmi sangat penting artinya. Pokoknya saya tidak mau tahu perdamaian harus di gelar tanpa syarat ini dan itu  Tegas JK.

Menyaksikan JK menggelegar begitu saya pun terkaget kaget.  Kedua orang itu pun langsung berubah ekspresi. Mungkin tak menyangka Pak JK Bersikap tegas.

Begini pak sebenarnya kami membutuhkan waktu, Semua akan menuju ke sana. Masaalahnya kalangan grass root harus kita perhatikan juga , Umat islam di Maluku sudah sangat terdesak pak . Jawab pria tadi dengan suara perlahan.

Dengan mendukung ikhtiar perdamaian, berarti kita telah menjaga umat Islam. Saya beritahukan anda ya..jangan ragukan komitmen saya tentang islam . Anda boleh telusuri rekam jejak saya dari orang tua hingga anak anak  saya. Kalau anda anggap umat Islam di Maluku terdesak maka cari jalan keluarnya. Agar tidak terdesak . Caranya ciptakan perdamaian. Hanya itu Kata JK lagi.

Lebih jauh jk menegaskan kalau mau perlu dipersiapkan adalah perang kalau mau damai, tak perlu persiapan, begitu anda mau damai ya damai,  kalau anda tidak mau ikut jangan coba -- coba menghalangi saya. Pokonya saya take it or leave it.

Dengan kalimat penegasan itu saya pikir JK cemberut dalam menyalami tamunya,  Ternyata saya keliru .dengan keramah tamahannya ia JK menyalami mereka dengan Assalamu alaikum , kata JK sembari menuju Mobil.

Ketika terjadi peristiwa Tsunami  2004 di Aceh Jk pun dengan spontan dan berfikir cepat dan tangkas. Ia berfikir rakyat yang mengalami musibah pasti kekurangan makanan dank arena itu memerlukan bantuan dari luar , Karena kesulitan jalur darat. JK memerintahkan agar makanan di jatuhkan dari pesawat udara. Keputusan ini disanggah oleh pemerintahan setempat dengan alasan teknis yaitu makanan bisa pecah. JK balik menyanggah di dalam perut makanan juga akan pecah. Mendengar itu sang petinggi pemerintahan sumatera dan Aceh mengatakan makanan yang di jatuhkan adalah wilayah Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dengan alasan menyentuh ia mengatakan bahwa GAM juga manusia butuh bantuan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun