Mohon tunggu...
Ratna Puspa Darmawati
Ratna Puspa Darmawati Mohon Tunggu... Guru - Pengajar Sekolah Menengah Pertama di Kota Madiun

Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan it's a must!

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Menjawab Tantangan Guru di Era Digital Lewat Pelatihan Siber-IT

17 Juli 2019   20:23 Diperbarui: 17 Juli 2019   20:38 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Nama saya adalah Ratna Puspa Darmawati. Saya telah mengabdi dalam bidang pendidikan selama 15 tahun dengan berprofesi sebagai guru. Saat ini saya tercatat sebagai tenaga pengajar  di Sekolah Menengah Negeri 9 Kota Madiun untuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila (PKN).

Saya menyadari bahwa di era digital seperti saat ini, para siswa tak lepas dari sejumlah perangkat hasil kemajuan teknologi. Untuk itu, sebagai guru saya merasa perlu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan menerapkannya dalam metode pembelajaran.

Salah satu cara untuk menjawab tantangan tersebut adalah dengan mengikuti pelatihan SIBERIT. Dengan harapan, setelah mengikuti pelatihan ini saya menerapkan semua materi pelatihan dalam pembelajaran. 

Dengan Video Maker FX siswa tidak monoton melihat guru saja, tetapi juga melihat objek animasi yang mendukung penjelasan mata pelajaran. Seperti yang kita tahu, siswa zaman now cenderung visual, sehingga tak cukup hanya belajar dengan membaca saja. Para siswa harus diperlihatkan gambaran nyatanya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun