Mohon tunggu...
Ratnaningsih
Ratnaningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Ibu rumah tangga dari Kab. Lamongan

Suka membaca dan olah raga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Koneksi Antar Materi Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

23 September 2022   20:37 Diperbarui: 23 September 2022   20:39 62 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Oleh  : Ratnaningsih, M.Pd.

CGP Angkatan 5

Kabupaten Lamongan

1) Sebelum mempelajari modul ini saya berfikir bahwa.... Sehingga.....

    Setelah mempelajari modul ini ternyata....

Sebelum mempelajari modul ini saya berfikir bahwa Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE)  akan terbentuk dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya umur murid menuju kedewasaan. Dan Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) tidak  berperan penting dalam mencapai keberhasilan pembelajaran.  Sehingga dalam kegiatan pembelajaran di kelas saya lebih fokus pada penyampaian materi pelajaran dan tidak harus focus mengontrol social emosional.

Setelah mempelajari modul ini ternyata pembelajaran berbasis social emosional perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa kesiapan, ketertarikan dan focus murid untuk mengawali pembelajaran yang akan diampuhnya. Dan kompetensi sosial emosional  sangat penting untuk dipahami dan diterapkan oleh  guru secara eksplisit dalam pembelajaran, Kompetensi social emosional tidak terbentuk, tumbuh dan berkembang dengan sendirinya, melainkan harus dilatih. Dan guru memegang peran utama untuk melatih.

Saya bersyukur dapat mempelajari modul 2.2 ini, karena dengan begitu pengetahuan saya tentang pembelajaran social dan emosional menjadi lebih baik.

2) Berkaitan dengan kebutuhan dan lingkungan yang aman dan nyaman untuk memfasilitasi seluruh individu di sekolah agar dapat meningkatkan kompetensi akademik maupun kesejahteraan psikologis (well being) 3 hal yang mendasar dan penting yang perlu saya pelajari adalah...

Tiga hal mendasar dan penting yang perlu saya pelajari berkaitan dengan kebutuhan dan lingkungan yang aman dan nyaman untuk memfasilitasi seluruh individu di sekolah agar dapat meningkatkan kompetensi akademik maupun kesejahteraan psikologis (well being) adalah:

  • 5 Kompetensi Social Emosional
  • Kesadaran penuh (mindfullness)
  • Kesejahteraan psikologis (well being)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan