Mohon tunggu...
Ratna Megasari
Ratna Megasari Mohon Tunggu... Muslimah Preneur

Teruslah berkarya selagi masih hidup, dan teruslah menulis apa yang kau suka

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Membuat Cerpen agar Terlihat Menarik

16 Maret 2021   11:33 Diperbarui: 16 Maret 2021   11:36 182 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membuat Cerpen agar Terlihat Menarik
Ilustrasi gambar sumber: berpendidikan.com

Menarik perhatian pembaca untuk memilih cerita yang kita tulis itu memang sangat penting. Menulis itu memang mudah, tetapi kita sebagai penulis harus bisa membuat cerita sesuai dengan apa yang diinginkan pembaca. Sulit memang, tetapi inilah yang harus diperhatikan untuk para penulis. Kita tidak bisa asal menulis, lalu di publishnya dengan semau kita. Kita harus bisa membuat tulisan yang dapat diterima oleh masyarakat dan menyukainya.

Tidak hanya berlaku pada penulis pemula, semua penulis juga harus mempertimbangkan hal ini agar cerita yang dibuat dapat memikat hati para pembaca. Tentu dengan cerita yang menarik, akan membuat pembaca betah dengan tulisan kita.

Berikut ada beberapa tips untuk memikat pembaca agar cerita kita terlihat menarik:

  • Carilah ide cerita yang berbeda dan tidak klise. Ide yang membuat penasaran akan mudah memikat para pembaca. Ide itu sangat mudah, dan bertebaran di mana-mana. Dengan mengamati lingkungan sekitar, kita sudah bisa mendapatkan ide. Atau dengan merekam kejadian yang menarik, bisa kita buatkan ide dalam menuliskan cerita.
  • Salah satu hal yang membuat cerpen terus populer dan bertebar luas di masyarakat yaitu karena memiliki nilai moral yang tinggi. Cerpen yang dituliskan bisa membawa perubahan bagi para pembaca, karena pesan-pesan yang disampaikan dalam cerpen itu begitu nyata dan menyentuh jiwa. Singkat dan padat, tetapi pesan yang dituliskan begitu kuat bagi para pembaca. Maka, dari itu sampai saat inilah cerpen sangat digemari oleh masyarakat terutama para kaum remaja.
  • Buatkah lead paragraf di awal dan akhir cerita yang menarik. Kalimat pembuka yang menarik, akan menentukan keberhasilan dalam membuat cerpen. Hal ini dapat menggiring para pembaca untuk masuk dan terhanyut dalam tulisan kita. Sedangkan paragraf akhir untuk menuliskan pesan yang terkesan, dengan membuat penutup yang menarik membuat pembaca akan selalu ingat dan mengenang tulisan kita yang sudah dibaca.
  • Cerpen yang baik itu yang menggambarkan bukan menceritakan. Dengan adanya Show, maka cerita itu akan lebih menyentuh dan pembaca akan ikut aktif dan terbawa suasana dengan gambaran cerita tersebut.
  • Gunakan dialog. Rata-rata pembaca lebih menyukai cerita yang berdialog karena tidak terlihat monoton dan membosankan. Dengan begitu, pembaca akan merasa terlibat dalam cerita itu. Adanya dialog juga membuat cerita menjadi lebih hidup.
  • Gunakanlah Plot Twist. Banyak pembaca yang menyukai kejutan, karena tidak terkesan bosan dan ceritanya mudah ditebak. Namun, ingat jangan membuat cerita yang bertele-tele dan buatlah twist ending dengan sempurna.
  • Setiap penulis memiliki ciri khasnya masing-masing, tulislah sesuai gaya sendiri, tidak perlu mengikuti orang lain. Gunakanlah bahasa sendiri dan komutikatif yang mudah untuk disampaikan.
  • Terakhir, tidak kalah penting dari beberapa hal di atas. Setelah menyelesaikan naskah, sebaiknya endapkan terlebih dahulu. Setelah itu, baca kembali dan baca ulang cerita yang sudah kita tulis dari awal sampai akhir. Perhatikan lagi sesuai dengan kaidah KBBI dan PUEBI, biasanya masih ada beberapa yang belum rapih.
  • Setelah semua rapih, mintalah pendapat kepada teman-teman untuk meminta saran dan masukan terhadap cerita yang sudah kita tuliskan.
  • Teruslah menulis, menulis, dan menulis

Nah, inilah beberapa tips untuk membuat cerita kita lebih menarik. Mulailah menulis dengan apa yang kamu tahu dan tuliskan dengan perasaanmu sendiri. Jangan takut untuk memulai menulis. Semakin dilatih, maka akan terbiasa dan membuat tulisan kita menjadi lebih bagus. Selain itu, cobalah untuk mengikuti event-event kepenulisan untuk melatih  dan mengasah kemampuan tulisanmu.

Semoga bermanfaat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x