Mohon tunggu...
Ratih Yuniati
Ratih Yuniati Mohon Tunggu... Guru - SD Muhammadiyah 01 Kukusan Depok

Seorang Ibu Rumah Tangga sekaligus guru di dekat sekitar tempat tinggal rumah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Model Pembelajaran PJBL sebagai Alternatif di Kelas

10 Desember 2022   12:31 Diperbarui: 10 Desember 2022   12:43 177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pembelajaran Project Based Learning atau PJBL sebagai Model Pembelajaran Berbasis Proyek

1. Pendahuluan

Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang komplek. Pembelajaran pada hakikatnya tidak hanya sekedar menyampaikan pesan tetapi juga merupakan aktifitas profesional yang menuntut guru dapat menggunakan keterampilan dasar mengajar secara terpadu serta menciptakan situasi efisien (Mashudi, Toha dkk, 2007 : 3). Sedangkan Hardini dan Puspitasari (2012:10). “Pembelajaran adalah suatu aktivitas yang dengan sengaja untuk memodifikasi berbagai kondisi yang diarahkan untuk tercapainya suatu tujuan, yaitu tercapainya tujuan kurikulum”. http://repository.unpas.ac.id/12881/4/BAB%202.pdf

Dengan kata lain Pembelajaran merupakan suatu aktivitas atau kegiatan yang melibatkan peserta didik atau siswa sebagai penerima materi pembelajaran dan guru sebagai pemberi materi secara aktif dalam suatu pembahasan materi, di dalam ruang dan waktu dengan ketentuan yang ada untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan dalam suatu kurikulum yang ada ataupun kesepakatan bersama antara peserta didik atau siswa dengan gurunya.

Pembelajaran sendiri menuntut adanya suatu perubahan terhadap peserta didik atau siswa, baik itu perubahan pengetahuan, tingkah laku maupun sikap serta cara pandang sehingga peserta didik atau siswa diharapkan mendapatkan dan memiliki suatu pengetahuan maupun pengalaman baru terhadap materi pengetahuan yang dipelajari di dalam ruang dan waktu tertentu sebagai objek pembelajaran itu sendiri.

Dengan demikian, pembelajaran dapat juga dianggap sebagai aktivitas dalam mentransfer ilmu pengetahuan yang dimiliki guru terhadap peserta didik atau siswa. Sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran itu sendiri, agar tujuan yang ada dapat tercapai dengan baik.

Beberapa model pembelajaran telah digagas, dikembangkan dan digunakan terutama dalam hal ini oleh guru di sekolah, salah satu diantaranya adalah Project Based Learning atau PJBL, sebagai alternatif model pembelajaran yang digunakan untuk menyiasati bagaimana materi dari pembelajaran dapat tersampaiakan kepada para peserta didik atau siswa, sehingga para peserta didik atau siswa dapat mengetahui dan memahami materi tersebut.

2. Model Pembelajaran Project Based Learning

Model dari Project Based Learning atau PJBL ini sebenarnya diprakarsai oleh hasil dari implikasi dari surat edaran Mendikbud no. 4 tahun 2020, dengan tujuan utamanya adalah untuk memberikan pelatiahn kepada para peserta didik atau siswa untuk lebih dapat berkolaborasi, bergotong-royong dan berempati dengan sesamanya. Oleh karenanya model pembelajaran Project Based Learning akan lebih sesuai jika para peserta didik atau siswa itu sendiri membentuk kelompok-kelompok kecil dalam belajar untuk mengerjakan suatu projek, eksperimen dan juga inovasi tertentu.

Adapun model pembelajaran Project Based Learning atau PJBL ini memiliki tahapanatau proses pembelajannya sebagai berikut:

  • Guru memberikan suatu pertanyaan esensial atau membimbing
  • Untuk menyelesaikan jawaban dari pertanyaan tersebut, maka dibutuhkan waktu yang terbilang cukup lama, bisa beberapa minggu, bahkan beberapa bulan lamanya.
  • Berorientasi dengan produk akhir atau “artifact” (berupa produk tulisan, lisan, visual dan multimedia), serta kegiatan produksi yang memerlukan pengetahuan isi tertentu atau keterampilan, dan biasanya menimbulkan satu atau lebih masalah yang harus dipecahkan siswa. Proyek bervariasi dalam lingkup dan kerangka waktu, dan produk akhir sangat bervariasi dalam tingkat teknologi yang digunakan serta kecanggihannya.
  • Hasil pembelajaran berupa produk (model, prototype, poster seni, pertunjukan, dan lain-lain

Kecenderungan dari model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) ini, sebaiknya mengangkat permasalahan yang riil yang terdapat di masyarakat di sekitar lingkungan setempat, sehingga memang sangat diharapkan kalau model pembelajaran ini menghubungkan antara pengetahuan yang didapatkan oleh para peserta didik atau siswa di kelas, kemudian untuk selanjutnya diimplementasikan di masyarakat dengan membuat solusi-solusi atas permasalahan yang terjadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun