Muda

Pentingnya Peran Mahasiswa Promosikan "GERMAS" kepada Masyarakat

9 Oktober 2017   15:55 Diperbarui: 9 Oktober 2017   16:20 373 0 0
Pentingnya Peran Mahasiswa Promosikan "GERMAS" kepada Masyarakat
Dok.pribadi

Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, Program Studi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Universitas Esa Unggul menyelenggarakan Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat (SNKM I). Seminar nasional yang mengambil tema "Peran SDM Kesehatan Dalam pencapaian Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)" ini mengundang para ahli di bidang kesehatan sebagai pembicara seminar.

Salah satu pembicara seminar yakni Husein Habsyi SKM., MHComm dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) menjelaskan selama ini pemerintah telah secara aktif mengadakan sosialisasi mengenai GERMAS kepada masyarakat, namun masih terkendala oleh beberapa hal baik teknis maupun non-teknis.

"GERMAS ini merupakan sebuah program yang telah dijalankan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, sayangnya masih banyak masyarakat yang kurang aware terhadap program ini padahal program inisangat baik bagi masyarakat memulai hidup sehat," ujar Husein Habsyi seusai menyampaikan materi seminar di Ballroom Aula Kemala, Senin (02/10/2017).

Untuk itu Husein pun melanjutkan peran anak muda terutama para mahasiswa untuk menyukseskan program GERMAS ini sangatlah perlu mengingat mahasiswa merupakan agen perubahan yang memiliki kemampuan serta kompetensi yang sesuai dalam meningkatkan gerakan sehat bagi masyarakat.

"Anak muda khususnya mahasiswa itukan agen perubahan untuk lingkungannya sehingga peran mahasiswa sangat central untuk menyebarkan program Germas ini. Apalagi pola sosialisasi saat ini telah berubah ke teknologi digital,  tidak mengherankan pendekatan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam mensukseskan program ini lebih tepat sasaran," tuturnya.

Dia pun berharap dari acara seperti ini mahasiswa semakin menyadiri perannya dalam lingkungan mengingat nantinya setelah mereka lulus, para mahasiswa akan terjun langsung kepada masyarakat sebagai role model dan contoh bagi masyarakat untuk meciptakan gerakan masyarakat sehat.

"Dari acara seperti ini saya berharap berbagai kalangan menyadari tentang pentingnya mendukung program pemerintah tentang Gemas ini, terutama kalian para anak muda dan mahasiswa saya berpesan kalian harus menguasai beberapa kompetensi dianataranya mampu menganalisis masalah situasi kesehatan masyarakat, mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar, mampu berkomunikais dengan baik, mampu merencanakan program mudah-mudahan mereka dapat mempraktekan kompetensi tersebut," tutupnya.

Seminar SNKM I Kesehatan Masyarakat ini selain mengundang pembicara dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), juga hadir Kepala Pusrengun SDMK Kemenkes RI Dra.Hj. Oos Fatimah Rosyat, M.Kes dan DR.dr. Sandi Iljanto,MPH Pakar Administrasi Kebijakan Kesehatan UI.

Selain seminar oleh para pakar kesehatan, dalam acara tersebut juga dipamerkan beberapa karya poster hasil dari tugas akhir mahasiswa Kesehatan masyarakat Esa Unggul. Poster-poster tersebut menggambarkan sejumlah penelitian dari mahasiswa yang telah lulus pada tahun ini. Acara yang tersebut berjalan atraktif dan berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga 12.30. Peserta di acara ini ialah mahasiswa Kesmas Esa Unggul dan beberapa siswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan.