Mohon tunggu...
Rasta Wira
Rasta Wira Mohon Tunggu...

Blog ini dibuat untuk memenuhi nilai kuliah Jurnalisme Multimedia & Produksi Multimedia. Terima kasih apabila sudah mengunjungi! Apabila artikel dari blog ini bermanfaat, boleh disebarluaskan ke kerabat atau keluarga terkasih, karena juga dapat membantu nilai kuliah saya. Adios!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mari Menilik "Lombokpost.net" dengan Karakteristik Media Baru

3 September 2018   10:28 Diperbarui: 3 September 2018   10:56 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mari Menilik "Lombokpost.net" dengan Karakteristik Media Baru
sumber : lombokpost.net

Martin Lister dkk mengemukakan enam karakteristik media baru dalam bukunya yang berjudul New Media: A Critical Introduction Second Edition. Enam karakteritik tersebut antara lain  digital, interaktivitas, hypertextual, networked, virtual, dan simulasi. Salah satu contoh nyata dari eberapa karakteristik tersebut dapat kita lihat dengan kemunculan berbagai macam portal berita online yang dikemas dengan menarik dan mudah untuk dikonsumsi masyarakat.

Salah satu portal berita online yang tersebar di internet adalah lombokpost.net. Lombok Post adalah salah satu portal berita online yang pada awalnya merupakan surat kabar harian yang terbit di Nusa Tenggara Barat dan merupakan bagian dari grup Jawa Pos. Lombokpost.net menyajikan berita seputar NTB, berita nasional, berita olahraga, travel, otomotif, dan lain sejenisnya.

Walaupun sudah berpindah haluan dari media cetak menjadi media online, suatu portal berita belum tentu memperhatikan karakteristik media baru seperti yang dikemukakan Martin Lister dkk. Oleh karena itu, penulis menganalisis penerapan karakteristik media baru dalam portal berita online lombokpost.net, sebagai berikut:

Digital

Dalam portal berita online lombokpost.net, berita disajikan dengan berupa teks dan dilengkapi foto untuk memperjelas bayangan pembaca terkait berita yang disajikan. Walaupun disajikan tanpa video, lombokpost.net sudah menunjukkan bahwa media mereka mampu melakukan perubahan dari media cetak ke meda online, sehingga menambah kepraktisan pembaca dalam mengonsumsi berita dengan fasilitas internet yang sudah digunakan oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Maka dari itu, walaupun untuk mengakses lombokpost.net masih harus melalui laman web resminya dan masih belum memiliki aplikasi untuk semakin memudahkan pembaca, lombokpost.net sudah dapat memenuhi salah satu karakteristik media baru, yakni digital.

sumber : lombokpost.net
sumber : lombokpost.net
Interaktivitas

Bila dikaitkan dengan karakteristik interaktivitas, lombokpost.net sudah memfasilitasi kolom komentar bagi para pembacanya. Walaupun begitu, hanya pembaca yang memiliki akun Facebook yang dapat menggunakan fitur tersebut, sehingga pembaca yang tidak memiliki akun Facebook tidak dapat memberikan komentar.

Fitur komentar ini pun masih jarang digunakan oleh para pembacanya, karena seperti yang penulis lihat dalam beberapa berita yang dimuat dalam laman lombokpost.net, masih banyak berita yang belum diberikan komentar oleh para pembaca, sehingga dapat disimpulkan bahwa lombokpost.net sudah menerapkan salah satu karakteristik media baru, interaktivitas, walaupun masih dapat dikembangkan lagi supaya pembaca dapat tertarik untuk aktif dalam laman berita yang dimuat.

sumber : lombokpost.net
sumber : lombokpost.net
Hypertextual

Lombokpost.net pun sudah memudahkan pembaca dengan menerapkan karakteristik media baru, yakni hypertextual. Lombokpost.net memberikan kata kunci di setiap beritanya yang mereka sebut dengan tags. Kata kunci tersebut dapat kita klik dan memunculkan berita-berita lainnya yang sesuai dengan kata kunci tersebut, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa lombokpost.net sudah mampu menerapkan karakteristik hypertextual dengan cukup baik. Bravo!

sumber : lombokpost.net
sumber : lombokpost.net
Networked

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2