Mohon tunggu...
Rasna
Rasna Mohon Tunggu... Lainnya - Foresters

Menjadikan masyarakat sasaran menjadi mandiri dalam pembangunan kehutanan

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Artikel Utama

Danau Ranau, Indah Alamnya Juga Terkenal Buah Alpukatnya

26 Februari 2024   11:26 Diperbarui: 28 Februari 2024   19:30 785
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemandangan Danau Ranau yang terletak di perbatasan antara provinsi Lampung dan provinsi Sumatera Selatan. (SHUTTERSTOCK/Akhmad Dody Firmansyah via KOMPAS.com)

Danau ranau merupakan tempat lokasi yang sangat indah yang terletak di perbatasan antara provinsi Lampung dan provinsi Sumatera Selatan.

Lokasi wisata yang ada didanau ranau yang masuk ke provinsi Lampung berada dikecamatan Lumbok Seminung kabupaten Lampung Barat, sedangkan lokasi wisata yang berada diprovinsi Sumatera Selatan berada dikabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

Bagi para pencinta wisata alam dengan fanorama alam yang indah ingin merasakan suasan tenang datanglah ke danau ranau. Ada dua pilihan mau berwisata ke provinsi Lampung ada bisa datang ke Lumbok Resort atau datang ke Villa Pusri yang merupakan lokasi wisata terbaik didanau ranau.

Kecamatan Lumbok Seminung merupakan kecamatan paling ujung dikabupaten Lampung Barat yang berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Selatan.

Kecamatan lumbok seminung terletak dipegunungan gunung seminung memiliki ketinggian 1.881 meter dari permukaan laut, sedangkan penduduknya banyak bermukim dipinggiran danau.

Kecamatan lumbok seminung mempunyai potensi alam yang luar biasa karena memiliki kesuburan tanah yang baik yakni memiliki tanah vulkanik dari letusan gunung berapi. 

Danau Ranau (wisatakita.com)
Danau Ranau (wisatakita.com)

Menurut sejarah danau ranau merupakan danau hasil letusan gunung berapi beberapa ratus tahun yang lalu karena sampai sekarang disekitar danau terdapat air panas dan ada peristiwa ada letusan dibawah dasar danau dengan skala waktu tertentu sehingga ikan-ikan yang ada didanau ranau mati akibat keracunan belerang.

Bentuk pertanian yang tradisonal tetapi hasilnya cukup baik, penduduk setempat usaha taninya masih mengandalkan  alam yang subur berupa tanah vulkanik, petani setempat tidak banyak memerlukan pupuk non organik.

Hasil usaha tani yang melimpah di sekitar danau ranau adalah Alpukat, coklat, kopi, lada, cabe jawa, jahe sayur mayur dan sektor perikanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun