Mohon tunggu...
Rasna
Rasna Mohon Tunggu... Lainnya - Foresters

Menjadikan masyarakat sasaran menjadi mandiri dalam pembangunan kehutanan

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Mengapa Banjir Bandang dan Tanah Longsor Kian Mendekat

11 Maret 2023   06:30 Diperbarui: 11 Maret 2023   06:55 321
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kerusakan Hutan (https://www.mining.com)

Hari ini ada kabarkan berita duka musibah banjir bandang dan tanah longsor terjadi di pulau Sumatera tepatnya di Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung. Banjir Bandang di Sumatera selatan terjadi di kabupaten Lahat, sedangakan di Lampung terjadi di Desa Sidomulyo Kecamatan Pagar Kabupaten Lampung Barat, sekitar dua jam perjalanan dari tempat kediaman penulis. Kabar lain terjadi lagi tanah longsor beberapa jam yang lalu yang terjadi di ruas jalan yang biasa di lalui di jalan lintas antara  kabupaten Lampung Barat dan Lampung utara. Beberapa bulan yang lewat dapat kabar berita banjir bandang dan tanah longsor terjadi di Pulau jawa dan sebagian Wilayah Indonesia  Timur, namun kekejadian sekarang beritanya terasa kian mendekat.

Berita - berita mengerikan kejadian bencana alam seakan tidak ada hentinya  negara indonesia yang tercinta, banyak musibah bencana alam terjadi di mana-mana, kadang hati menjadi miris dan merenung apakan ini akibat Faktor alam atau akibat ulah manusia sendiri. Apakah musibah ini sebagai azab dari Alloh SWT Tuhan Semesta Alam  atau peringatan bagi kita selaku umat manusia  untuk senantiasa istiqomah.

Mengutif dari beberapa ayat Al Quran di antaranya :

Surat al-Baqarah ayat 156, Alloh SWT Berfirman :

 ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَٰبَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوٓا۟ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيْهِ رَٰجِعُونَ   Artinya: “(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Innâ     lillaâahi wa innâ ilaihi râji'ûn" (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali).
 

Surat asy-Syura ayat 30, Alloh SWT Berfirman :

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِ

Artinya: "Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)."

Dan masih banyak ayat- ayat lainnya di dalam Al Quran tetang bencana yang menimpa alam dam umat manusia.

Menyimak ayat ke dua Surat asy-syura bahmwa musibah yang menimpa kita adalah di akibatkan oleh ulah dan perbuatan kita sendiri.

Kalau melihat realita yang ada saat ini musibah yang sering terjadi merupakan sebab akibat dari kerusakan alam, banjir bandang dan tanah longsor mustahil terjadi kalau alam sekitar kita bagus. Atau kah benar yang di syairkan oleh Ebit G Ade dengan judul Berta kepada kawan "Mungkin Tuhan mulai bosan Melihat tingkah kita Yang selalu salah dan bangga dengan dosa-dosa Atau alam mulai enggan Bersahabat dengan kita " Sungguh lagu ini kalau kita renungi seakan membenarkan musibah yang sedang terjadi di lingkungan sekitar kita seperti itu adanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun