Mohon tunggu...
Rasih
Rasih Mohon Tunggu... Lainnya - Ibu rumah tangga

Hobi olah raga

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pentingnya Kesadaran Masyarakat dalam Tertib Berlalu Lintas

9 Desember 2021   12:50 Diperbarui: 9 Desember 2021   13:02 101 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


PENTINGNYA KESADARAN MASYARAKAT DALAM TERTIB  BERLALU LINTAS

1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
       Semakin pesatnya pertumbuhan masyarakat membuat arus mobilitas juga semakin ramai. Jalur darat salah satu sarana yang rutin dilalui oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Ada pejalan kaki, bersepeda, kendaraan bermotor.
Padatnya aktifitas jalan raya. Kurangnya pengetahuan akan tertib lalu lintas membuat angka kecelakaan tinggi.

1.2 Rumusan Masalah
* Bagaimana cara berkendara yang baik?
* Manfaat tertib lalu lintas?
1.3  Tujuan Pembahasan
* Memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tertib berkendara.

2.     PEMBAHASAN

2.1  PENGERTIAN LALU LINTAS

Pengertian lalu lintas, menurut Djajoesman (1976:50) bahwa secara harfia lalu lintas diartikan sebagai gerak (bolak balik) manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sarana jalan umum. Sedangkan menurut Poerwadarminta dalam kamus umum bahasa Indonesia (1993:55) menyatakan bahwa lalu lintas adalah berjalan bolak balik, hilir mudik dan perihal perjalanan di jalan dan sebagainya serta berhubungan antara sebuah tempat dengan tempat lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lalu lintas adalah gerak/pindahnya manusia, hewan, atau barang dari satu tempat ke tempat lain di jalan dengan menggunakan alat gerak.

Untuk mengatur mobilitas dijalan raya peelu adanya peraturan jalan yaitu  Rambu-rambu lalu lintas. Rambu -rambu  lalu lintas memuat lambang, huruf, angka, kalimat ataupun perpaduan di antaranya, yang digunakan untuk memberikan peringatan, larangan, perintah dan petunjuk bagi pemakai jalan. Pemakai jalan dapat mengerti situasi jalan yang mereka lewati dan mengurangi resiko kecelakaan. Sayangnya masih kurangnya kesadaran dan wawasan masyarakat tentang  rambu-rambu lalu lintas.

Kecelakaan merupakan peristiwa yang mengakibatkan cacat mental,fisik, maupun materiil. Kecelakaan juga dapat melibatkan beberapa pihak, namun ada juga kecelakaan tunggal. Ada beberapa faktor terjadinya kecelakaan di jalan raya diantaranya : kondisi fisik, kurangnya pengetahuan dan kurangnya kesadaran dalam mentaati rambu -rambu lalu lintas.

2.2 KESADARAN UNTUK TERTIB
      BERLALU     LINTAS

Ada beberapa langkah untuk dapat tertib berlalu lintas, terutama tanamkan dalam diri kita kesadaran untuk tertib berlalu lintas.
Latih mental kita untuk komitmen  dan tambah terus wawasan kita tentang peraturan yang ada di jalan raya. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum kita melakukan perjalanan diantaranya :

1. Pastikan kondisi badan kita sedang sehat baik jasmani maupun rohani. Akan sangat beresiko apabila tubuh kita tidak sehat dan melakukan perjalanan, sebaiknya ditunda dulu saja. Ketika kita merasa lelah di dala  perjalanan sebaiknya beristirahat di rest area.
2. Pastikan kendaraan kita dalam kondisi baik dan layak untuk dikendarai. Melakukan pengecekan kendaraan sebelum perjalanan, service rutin agar kondisi kendaraan tetap baik.
3. Pastikan kelengkapan surat - surat dalam berkendara. Sebagai warga negara yang baik kita harus pastikan pajak kendaraan kita sudah terbayar.
4. Perhatikan dan Patuhi rambu - rambu lalu lintas yang ada. Banyak rambu-rambu yang sudah terpasang di jalan dapat membantu kita berkendara dengan nyaman, untuk itu kita harus tetap fokus dalam berkendara.
5. Berdoa sebelum berkendara. Sebagai umat beragama, kita hanya bisa berdoa dan berusaha mematuhi peraturan untuk meminimalisir kecelakaan. Kita mohon perlindungan pada Allah semoga selamat sampai tujuan.
6. Hargai pengguna jalan yang lain. Tidak Merokok di jalan, tidak mengoperasikan hp saat berkendara, akan menciptakan kenyamanan berkendara bagi orang lain dan menjaga keselamatan sesama pengguna jalan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan