Mohon tunggu...
Rasendriya Arya
Rasendriya Arya Mohon Tunggu... Part of UMM Student

Halo saya Rasendriya Arya Pratama, Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa PMM UMM Dampingi Bumdes Tirto Landungsari untuk Pembuatan Laporan Keuangan

25 Juni 2021   21:26 Diperbarui: 25 Juni 2021   21:34 27 1 0 Mohon Tunggu...

Tim Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Mitra Dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Melakukan Pengabdian di Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

    Tim Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Mitra Dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan pengabdian di Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pengabdian dilakukan dengan cara pendampingan pembuatan sistem laporan keuangan.

    Dosen pembimbing, Dr. Masiyah Kholmi.MM.Ak,CA, Drs. Adi Prasetyo, M.Si. Ak. Dan Ir. Diding Suhardi, MT. Ingin mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan pemerintah desa dengan cara mendampingi penyusunan laporan keuangan BUMDES Landungsari agar mitra bagian keuangan BUMDES (bendahara) mampu melakukan pencatatan keuangan. Meningkatkan pengetahuan bendahara dalam penyusunan bukti-bukti transaksi sesuai dengan tanggal transaksi. Sistem ini dirancang menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

   Berdasarkan pada analisi situasi dan permasalahan yang telah di bahas untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan solusi sebagai berikut:

  • Memberikan pengetahuan tentang jiwa kewirausahaan.
  • Memberikan pengetahuan dasar tentang pembukuan.
  • Memberikan pengetahuan cara membuat atau memasukan Akun dan Saldo Awal.
  • Memberikan pengetahuan cara membuat atau memasukan nilai Jurnal Umum.
  • Memberikan pengetahuan cara membuat atau memasukan nilai Ringkasan.
  • Memberikan pengetahuan cara membuat atau memasukan nilai neraca lajur.
  • Memberikan pengetahuan cara membuat atau memasukan nilai laporan laba / rugi.
  • Memberikan pengetahuan cara membuat atau memasukan nilai laporan perubahan ekuitas.
  • Mmeberikan pengetahuan cara membuat atau memasukan nilai laporan posisi keuangan.
  • Memberikan pengetahuan tentang menejemen keuangan usaha.

    Selain dosen pengabdi adapun mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang mendampingi program PMM yaitu Hasnaul Afifah, Ira Mustika, Rasendriya Arya, M Hilman Junaidi dan Irfan Syarif Utama. Pendampingan tersebut meliputi keseluruhan aktifitas dalam rangka membantu mengatasi kesulitan dalam penyusunan laporan keuangan.

   Dosen pengabdi berharap, BUMDES dapat menerapkan laporan keuangannya dalam kegiatan transaksi sehari-hari. Tim PMM Mitra Dosen mengambil tindakan ini mengingat BUMDES Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengatakan masih minimnya pemahaman tentang laporan keuangan itu.

   Setiap transaksi tidak dicatat, "Karena bapak-ibu anggota kelompok BUMDES kurang mengetahui bagaimana cara membuat laporan keuangan yang benar dan sesuai dengan akuntansi. Maka dari itu, dengan adannya sistem laporan keuangan itu sendiri semoga dapat mempermudah pembuatan laporan keuangan  kelompok BUMDES Desa Landungsari," ujarnya.

VIDEO PILIHAN