Mohon tunggu...
Rasawulan Sari Widuri
Rasawulan Sari Widuri Mohon Tunggu... Senang berbagi hal yang menarik dengan orang lain

Jakarta, I am really lovin it !

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Cek Kesehatan Rutin bagi Karyawan Itu Penting, tapi Sayangnya Masih Dianggap Sepele

24 Juni 2020   14:57 Diperbarui: 25 Juni 2020   00:41 37 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cek Kesehatan Rutin bagi Karyawan Itu Penting, tapi Sayangnya Masih Dianggap Sepele
Ilustrasi medical check up (Sumber: www.steemit.com)

Apakah perusahaan tempat Anda bekerja membuat agenda rutin tahunan untuk medical check up bagi pegawainya? Jika ya, maka saya ucapkan selamat bahwa Anda telah bekerja di perusahaan yang peduli dengan kesehatan para pegawainya.

Masih banyak sekali perusahaan yang menganggap sepele mengenai hal ini, sehingga medical check up tidak pernah menjadi agenda wajib oleh bagian personalia. Budget yang besar terkadang menjadi alasan yang klise.

Manfaat Medical Check Up Rutin 
Sebagai pegawai yang bekerja di perusahaan, hidup untuk sehat tentunya adalah hak bagi setiap pegawai. Dengan badan dan pikiran yang sehat diharapkan pegawai dapat bekerja secara produktif.

Pengalaman saya sebagai pegawai pun, tidak semua perusahaan tempat saya bekerja memberikan fasillitas ini. Ada pula yang mengadakan medical check up namun hanya sebagai formalitas, tidak ada follow up atas hasil tes medis.

Dilansir dari berbagai sumber dan juga pengalaman pribadi, medical check up rutin tahunan memberikan manfaat yang banyak sekali.

Manfaat yang pertama adalah sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit. Penyakit serius mungkin saja tidak ditemukan pada saat medical check up, namun biasanya dokter dapat menganjurkan gaya hidup yang sesuai dengan kondisi tubuh kita.

Hal yang paling umum ditemui sesudah medical check up dilakukan adalah kadar gula darah ataupun kolesterol yang tinggi. Ini bisa terjadi pada semua orang tidak memandang umur. Berdasarkan hasil ini, dokter biasanya memberikan rekomendasi makanan yang harus dihindari oleh pasien.

Hal lain yang sering dijadikan bahan diskusi adalah mengenai berat badan ideal. Mempunyai berat badan gemuk alias overweight memang merupakan hak setiap orang, namun perlu diketahui bahwa kondisi ini dapat menyebabkan banyak penyakit. Berdasarkan pengalaman saya, dokter biasanya menyarankan gaya hidup yang perlu diubah untuk menghindari kondisi ini.

Manfaat yang kedua adalah sebagai dokumentasi kesehatan baik secara personal maupun bagi perusahaan. Saya pribadi sangat senang melakukan komparasi hasil kesehatan tahun per tahun. Hal ini menjadi indikasi apakah kesehatan saya menjadi lebih buruk atau lebih baik.

Beberapa perusahaan yang memang bergerak di bagian health care biasanya mempunyai dokter yang memang bekerja sebagai pegawai. Tidak salah rasanya jika kita berkonsultasi lebih lanjut mengenai hasil medis kita kepada mereka.

Berdasarkan pengalaman saya yang bekerja di salah satu PMA yang bergerak di health care, hasil medis diberikan oleh direktur saya yang memang seorang dokter. Biasanya beliau membawa hasil medis tahun sebelumnya sebagai bahan perbandingan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x