Mohon tunggu...
Refonda RiasAnggiri
Refonda RiasAnggiri Mohon Tunggu... Mahasiswa

KKN UNDIP TIM II 2020 Kab. Sukoharjo

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Gemas-ting Yuk, Mahasiswa KKN Undip bersama Posyandu

2 Agustus 2020   22:42 Diperbarui: 2 Agustus 2020   22:59 33 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gemas-ting Yuk, Mahasiswa KKN Undip bersama Posyandu
Edukasi terkait Stunting Secara Door to Door

Oleh: Refonda Rias Anggiri KKN TIM II Kabupaten Sukoharjo 

DPL: Ibu Dra. Puji Astuti, M.Si

Sukoharjo (7/20) Mahasiswa KKN TIM II 2020 UNDIP  membuat program GEMASTING (Gerakan Masyarakat Sadar Stunting) dengan penyuluhan secara door to door. Program ini dirincikan dengan pembuatan media poster dan video edukasi sebagai media edukasi, penyuluhan secara door to door kepada ibu atau pengasuh balita stunting, serta pembagian biskuit MP-ASI berkoordinasi dengan bidan desa untuk balita yang mengalami gizi kurang. Seluruh rangkaian kegiatan berkolaborasi dengan bidan desa dan kader posyandu di Kelurahan Sonorejo.

Program pencegahan dan penanganan stunting merupakan program yang digalakkan oleh pemerintah Indonesia. Program ini berkaitan dengan SDGs poin 3 yaitu Kehidupan sehat dan sejahtera. Program ini juga termasuk dalam poin PIS-PK terkait kesehatan anak (balita). Berdasarkan wawancara dengan bidan desa didapat data bahwa banyak balita di Kelurahan Sonorejo mengalami stunting dengan microcepal, ini menjadi penting karena pada masa 1000 hari kehidupan akan memperngaruhi pertumbuhan dan perkembangan sampai masa dewasa. Hal ini menjadi penting karena sumber daya manusia yang akan melanjutkan tonggak kepemimpinan sebagai potensi SDM Indonesia akan dilanjutkan pada generasi penerus bangsa. Oleh karena itu dibuatlah program GEMASTING (Gerakan Masyarakat Sadar Stunting) dengan penyuluhan secara door to door.

Program GEMASTING ini dilaksanakan sesuai dengan jadwal Posyandu di masing-masing RW yang memiliki indikasi balita stunting. Selasa ke-2 (Posyandu Anggrek 2-Kayen). Selasa ke-3 (Posyandu Anggrek 3-Cebukan). Selasa ke-4 (Posyandu Anggrek 4-Gedong).

Pembagian Biskuit MP-ASI Balita Gizi Kurang bersama Kader Posyandu
Pembagian Biskuit MP-ASI Balita Gizi Kurang bersama Kader Posyandu
Output dari program ini adalah meningkatnya pengetahuan ibu atau pengasuh tentang pencegahan dan penanganan stunting, serta pentingnya MPASI dan meningkatnya kepatuhan ibu atau pengasuh untuk mengambil biskuit MPASI di Kelurahan. Selain itu, secara khusus outpunya adalah selesainya pembuatan poster edukasi pencegahan dan penanganan stunting, serta video pentingnya MPASI, telah diberikan penyuluhan secara door to door dan bertahap pada seluruh Ibu atau pengasuh balita di Kelurahan Sonorejo baik dengan balita stunting atau balita sehat Kelurahan Sonorejo, dan telah dibagi biskuit MPASI kepada balita indikasi stunting di Kelurahan Sonorejo.

Bidan Desa Sonorejo Ibu Evi Kusuma Amd, Keb, mengatakan sangat terbantu dengan adanya program GEMASTING dikarenakan di pandemic Covid-19 segala aktivitas posyandu dihentikan untuk sementara untuk penimbangan dan hanya pembagian PMT secara door to door. Harapan dari program ini adalah kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi anak akan bertambah, serta angka stunting di Kelurahan Sonorejo berkurang, dengan tujuan mempersiapkan generasi penerus bangsa.

#KKNtimIIundip2020

#lppmundip

#p2kkn

#undip

#KKNtimIIkabsukoharjo

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x