Mohon tunggu...
Rara Muhammad
Rara Muhammad Mohon Tunggu...

Galau lewat kata, galau jadi karya. Writing to heal myself. Visit my blog http://raramuhammad.com anda my account IG https://www.instagram.com/raramuhammad09/

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Gemerlap GIIAS Auto Show Surabaya 2016

30 September 2016   10:16 Diperbarui: 30 September 2016   19:17 62 5 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gemerlap GIIAS Auto Show Surabaya 2016
depan lobby Grand City Mall (Dok.Pri)

Sore itu aku berangkat dari daerah Tambak Wedi, pinggiran Kota Surabaya yang memiliki tempat yang gersang dan pemandangan sungai hitam yang baunya menyengat. Bu Risma mungkin belum sampai blusukan sampai sana, terasa jomplang rasanya kondisi disana dan di jalanan protokol yang sejuk dan rimbun pohon. Namun kuanggap angin lalu saja, mungkin segera ada perbaikan maupun pembenahan dari pemerintah.

Motor terus berpacu menuju salah satu pusat perbelanjaan besar di Surabaya, Grand City Mall. Aku berniat menghadiri acara pameran mobil yang cukup terkenal. Berdasarkan jadwal acara GIIAS Auto Show Surabaya 2016 ini berlangsung lima hari mulai 28 sept- 02 okt 2016. GIIAS sendiri adalah singkatan dari Gaikindo Indonesia International Auto Show. Beruntung aku bisa datang dihari pertama, masih ada beberapa hari lagi jika ingin merasakan pameran yang cukup megah ini. Surabaya dipilih sebagai tempat pelaksanaan Auto Show yang diprakarsai GAIKINDO (Gabungan industri kendaraan bermotor indonesia) ini demi mendorong industri yang sudah hadir di daerah Jawa Timur sendiri. Ketika industri maju, kebutuhan akan alat transportasi akan semakin tinggi. Sehingga itu Jawa Timur disebut sebagai pasar otomotif yang potensial. Alasan tersebutlah yang membuat Surabaya menjadi pilihan lokasi acara GIIAS kali ini.

collage-2016-09-30-3-57edd64c757a613a2cb1c16c.jpg
collage-2016-09-30-3-57edd64c757a613a2cb1c16c.jpg
Dari kejauhan mal bercat putih ini tampak mewah nan elegan. Sesampainya di lokasi langsung kucari rekan-rekan sesama blogger yang mendapat undangan. Sambil berjalan menuju lokasi, dari kejauhan sudah terdengar gegap gempita musik di lokasi acara. Aku membatin, sepertinya ini bukan acara biasa. Beberapa merk terkenal menjadi sponsor acara besar ini. Satu yang mencolok tentu perusahaan milik pemerintah yang memajang truk tangki berwarna hitam dengan tulisan berwarna emasnya di depan lobi. Tak hanya itu di lapangan depan lobi pun pengunjung langsung disuguhkan musik yang menghibur dengan menampilkan berbagai genre musik. Selain itu beragam produk minuman berjejer, ada pula yang membagikan minuman berenergi kalengan secara cuma-cuma.

Tak lama, kutemukan beberapa rekan blogger yang tentunya lebih senior dan didominasi oleh para ibu-ibu. Meski Auto Show ini termasuk acara otomotif, tak mengalahkan keinginan maupun semangat mereka. Bahkan ada beberapa yang turut serta membawa suami dan balita. Berhubung aku diundang sebagai blogger, tiket masuk tentu gratis. Sedangkan bagi pengunjung biasa dikenakan biaya Rp 25.000/orang.

beragam mobil terbaru dipamerkan (Dok.Pri)
beragam mobil terbaru dipamerkan (Dok.Pri)
Banyak brand ternama yang mengikuti pameran GIIAS Auto Show Surabaya ini. Setidaknya ada 13 nama brand mobil ternama yang bergabung, di antaranya adalah Honda, Mitsubishi, Toyota, Mercedes Benz, Daihatsu, Isuzu, Nissan dan masih banyak lagi. Tak hanya mobil keluarga yang bisa menampung banyak penumpang ataupun mobil mewah  yang desain body maupun mesinnya pilihan saja yang dipamerkan, truk-truk besar pun ikut ambil bagian dalam pameran mobil ini. Tentunya tiap brand menawarkan berbagai macam tipe mobil yang dimiliki tetapi tetap ada mobil unggulan terbaru yang mereka tawarkan, terutama untuk tipe family cars dan city cars.

Baik salesman atau saleswomen tentu berebut mencari dan menawarkan produk yang dimiliki. Beberapa media bilang jika pameran mobil ini tentu memperoleh banyak penjualan yang bernilai hingga puluhan milyar. Membaca berita tersebut aku pun tak kaget, banyak penawaran dan diskon menggiurkan yang ditawarkan di acara ini. Tentu membuat banyak pengunjung tak menyia-nyiakannya. Selain itu lokasi yang luas tentu membuat banyak produk bisa dipamerkan. Lokasi utama pameran ini yang berada di lantai satu Grand City Mall bisa dibilang sangat besar. Mungkin menampung puluhan mobil dan beberapa truk, perkiraanku setiap brand mobil membawa 4-6 produk mobil unggulan mereka, mungkin bisa lebih dari itu. Meski terbilang banyak, lokasi pameran tetap terasa nyaman dan tidak panas meski semakin malam lokasi semakin dipenuhi banyak pengunjung.

collage-2016-09-30-1-57edd6e71393739f0afb1945.jpg
collage-2016-09-30-1-57edd6e71393739f0afb1945.jpg
Pengunjung tak hanya orang berjas atau berkemeja rapi dengan rambut yang sudah dipakaikan pomade. Satu keluarga atau pasangan muda-mudi sudah biasa terlihat di antara kerumunan pengunjung. Lucunya ada dua orang anak lelaki yang masuk melewati pintu masuk, mereka terlihat hanya berdua tanpa didampingi siapapun. Aku hanya geleng-geleng kepala, zamanku kecil mana berani aku ke tempat ramai untuk lihat pameran mobil. Setelah merasa cukup aku memutuskan keluar dari lokasi showroom utama. Aku diam beberapa saat sambil menemani salah satu rekan blogger di salah satu booth yang ada di depan showroom utama. Ternyata tak hanya mobil saja yang ditampilkan dan dipromosikan, beberapa aksesoris seperti kaca mobil, jok dan aksesoris mobil yang lain.

Acara tak hanya didominasi dengan penjualan mobil saja, tetapi ada juga beberapa spot mengasyikan yang bisa dilakukan di sekitaran area Auto Show. Di area depan tepatnya di samping kiri, pengunjung bisa dengan leluasa berkaraoke ria dengan di booth pertamina. Jika pengunjung beruntung mendapat nilai tertinggi, ada souvenir yang bisa dibawa pulang secara gratis. Di dalam area showroom malah ada Lamborghini kuning yang dipajang, namun anda bisa merasakan kecepatannya dengan menggunakan simulator yang sudah disediakan. Siapa yang memiliki waktu paling cepat, berkesempatan pula mendapatkan hadiah dari Pertamina.

ruang karaoke dan simulator lamborghini (Dok.Pri)
ruang karaoke dan simulator lamborghini (Dok.Pri)
Di acara yang sama pula para blogger sempat dikenalkan dengan beberapa produk baru yang dimiliki Pertamina. Ada beberapa produk yang diluncurkan Pertamina, di antaranya adalah bahan bakar gas (BBG) dalam bentuk cair. Selain itu, Pertamina juga menawarkan 4 produk pelumas yang dibuat sesuai dengan jenis dan kebutuhan mobil. Hal yang cukup menarik perhatianku tentunya BBG yang diberi nama Pertamina Vigas. Bahan bakar pengganti minyak ini sudah mulai dijual namun untuk saat ini baru di daerah Bali dan Jatim. Harganya pun dipatok dengan sangat murah, yakni Rp 5.100/liter. Meski demikian, BBG ini tetap memiliki kualitas unggul, salah satunya adalah ramah lingkungan.

contoh tabung bbg pada mobil (Dok.Pri)
contoh tabung bbg pada mobil (Dok.Pri)
Meski pun semakin malam acara semakin meriah dan pengunjung makin banyak, sehabis adzan isya aku pun memutuskan untuk pulang. Acara ini cukup membuka pandanganku tentang kendaraan roda empat juga mengenai pameran mobil itu sendiri. Baru pertama kali juga aku datang ke acara pameran mobil yang cukup besar dan meriah seperti itu. Tak ada salahnya datang bersama keluarga meski hanya melihat-lihat. Hitung-hitung ikut memeriahkan acara GIIAS Surabaya 2016 kali ini.

VIDEO PILIHAN