Mohon tunggu...
Rara Kinanthi
Rara Kinanthi Mohon Tunggu... Penulis - Administrasi Bisnis UI

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Money

Platform Crowdfunding untuk Kalangan Pelajar - FundMe

29 Mei 2019   22:57 Diperbarui: 30 Mei 2019   00:20 810
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Business Model Canvas atau disebut dengan BMC merupakan sebuah kerangka penulisan yang isinya menggambarkan 9 elemen penting yang terdapat dalam sebuah model bisnis. Melakukan pemetaan bisnis dengan BMC ini akan memperhatikan seluruh elemen yang ada dalam membangun bisnis tersebut. Dengan BMC ini akan lebih mudah menentukan strategi bisnis yang harus dilakukan serta tantangan dalam menghadapi bisnis. 9 elemen BMC adalah Customer Segments, Value Propositions, Channels, Customer Relationship, Cost Structure, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partners, dan Cost Structures. Ilustrasi dari BMC website Crowdfunding untuk Kalangan Pelajar- FundMe dapat dilihat pada Gambar 1.

                                                                                                              Gambar 1 Business Model Canvas dari FundMe


Berikut adalah penjelasan dari masing-masing komponen BMC tersebut yaitu:

1. Customer Segments
Elemen ini berisi mengenai segmentasi konsumen yang akan kita sasar. FundMe memiliki segmen pelanggan yaitu pelajar dan mahasiswa. Segmen tersebut akan diarahkan untuk menjadi member di FundMe dengan memiliki jenis keanggotaan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

2. Value Proposition
FundMe memiliki beberapa nilai yang dibawa yaitu Easy-Collaboration-Trusted. Makna dari nilai-nilai tersebut yaitu:
-Easy adalah diharapkan dengan kehadiran FundMe dapat memudahkan para pelajar maupun mahasiswa mendapatkan dana dan dengan mekanisme yang mudah.
-Collaboration, yaitu memberikan manfaat dan menjamin keterlibatan publik.
-Trusted, kejelasan serta kepercayaan informasi yang memperoleh peringkat tinggi menjadi value proposition yang kemudian dijadikan masukan tujuan value.
Sehingga tujuan proyek adalah crowdfunding tema konservasi yang mudah, menarik, dapat dipercaya dan akuntabilitas jelas.

3. Channels
a.Awareness
Untuk memaksimalkan penjualan dan menyampaian nilai kepada pelanggan, maka yang harus saya lakukan pertama adalah dengan melakukan promosi secara giat, sehingga semakin banyak mahasiswa yang mengetahui mengenai program saya ini dan banyak bertanya untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka. Dibawah ini adalah rincian strategi yang perusahaan saya gunakan untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap brand perusahaan:

oWebsite crowdfunding
Platform crowdfunding memiliki berbagai macam jenis dan keunggulan masing-masing. Baik situs crowdfunding lokal maupun internasional dapat menjadi media yang dapat mengundang perhatian publik asalkan pemilik proyek mampu menyampaikan segala hal tentang proyek crowdfunding secara menarik.

oPenggunaan peran media sosial
Media sosial merupakan channel yang penting bagi crowdfunding karena memiliki perkembangan jumlah pengguna dan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi banyak orang. Publik Indonesia merupakan segmen yang menjanjikan jika dilihat dari aktifnya menggunakan media sosial. Oleh karena itu proyek crowdfunding dapat dibagikan pada beragam media sosial tersebut baik dari akun organisasi maupun para supporter. Dengan demikian masyarakat sebagai calon donatur dapat mengetahui seluk beluk proyek sekaligus dapat memberikan komentar serta dukungan baik segi keputusan donasi maupun melakukan share postingan tersebut.

oPenggunaan media massa online
Platform crowdfunding seperti Kickstarter terhubung dengan link pemberitaan media massa online. Salah satu contoh proyek crowdfunding yang berhasil karena dukungan pemberitaan melalui maya adalah program Earth Hour dari WWF (melalui situs berita AFP). Contoh lainnya Flow Hive yang merupakan salah satu proyek crowdfunding paling berhasil di Indiegogo.com dimana proyek ini telah diulas di berbagai media penting dunia termasuk Forbes, Fox, Mashable, CNN dan Entrepreneur. Sehingga pembaca online yang berlangganan maupun sering menyimak kabar dari situs berita online dapat mengetahui tentang adanya program crowdfunding beserta tujuan dan manfaat.

b.Mengadakan event yang berhubungan dengan proyek crowdfunding
Salah satu media yang dapat djadikan usulan pada mekanisme crowdfunding adalah terhubung dengan acara yang diadakan di pusat keramaian. Keuntungan diadakannya acara offline ini agar para stakeholder dapat lebih mengenal baik tentang crowdfunding maupun proyek yang sedangdijalankan menggunakan mekanisme ini. Dengan adanya acara yang diadakan di tengah kegiatan kampus atau event sekolah akan memberikan kesempatan untuk sosialisasi secara langsung sekaligus mendapatkan masukan tentang program.

c.Penggunaan media lain
Alternatif penggunaan media lain yang menunjang dalam penggalangan dana menggunakan mekanisme crowdfunding diantaranya adalah penyebaran info melalui SMS Gateway, iklan pada televisi maupun penyebaran flyer dan brosur sederhana tentang proyek crowdfunding yang sedang dilakukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun