Mohon tunggu...
Edukasi

Peran Penting dalam Komunikasi Kepemimpinan di Organisasi

30 Juni 2018   10:35 Diperbarui: 30 Juni 2018   11:24 3363 0 0 Mohon Tunggu...

Komunikasi kepemimpinan yang baik akan memastikan tiap anggota organisasi bisa mengerjakan tugasnya dengan baik. Tanpa adanya jalinan komunikasi yang baik dan benar besar kemungkinan semua proses di dalam organisasi/lembaga tersebut tidak akan dapat berjalan dengan maksimal dan sesuai dengan yang telah direncanakan. Kemampuan komunikasi yang baik akan sangat membantu semua proses yang ada dalam suatu organisasi/lembaga. Pemimpin membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik terutama selama masa lemahnya kepercayaan, ketidakpastian, dan krisis ekonomi. Ingatlah bahwa kepemimpinan berarti mempengaruhi orang untuk membawa perubahan menuju visi, atau masa depan yang diinginkan, bagi organisasi. Pemimpin berkomunikasi untuk berbagi visi dengan orang lain, menginspirasi dan memotivasi mereka untuk berjuang menuju visi, dan membangun nilai dan kepercayaan yang memungkinkan hubungan kerja dan pencapaian tujuan yang efektif.

Kepemimpinan adalah berkomunikasi dengan orang lain sehingga dapat berpengaruh dan menjadi motivasi untuk melakukan tindakan yang mencapai tujuan bersama dan mengarah pada hasil yang diinginkan. Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi, pengertian dan pemahaman antara pengirim dan penerima, proses menyampaikan dan memahami ide dan pendapat dari pemberi dan penerima pesan.

Komunikasi Manajemen

Manajemen komunikasi adalah proses timbal balik pertukaran sinyal untuk memberi informasi, membujuk atau memberi perintah, berdasarkan makna yang sama dan dikondisikan oleh konteks hubungan para komunikator dan konteks sosialnya (Cultip, 2007).

Peran tradisional seorang manajer adalah "prosesor informasi". Dengan orang lain Manajer memindai lingkungan mereka untuk informasi penting dan tertulis, mengumpulkan fakta, data, dan gagasan, yang kemudian dikirim ke bawahan dan orang lain yang dapat menggunakannya. Seorang manajer kemudian menerima pesan bawahan dan umpan balik untuk memeriksa pemahaman dan menentukan apakah akan mengubah pesan untuk akurasi.

Manajer memiliki tanggung jawab komunikasi yang besar yang mengarahkan dan mengendalikan sebuah organisasi. Manajer mengkomunikasikan fakta, statistik, dan keputusan. Manajer yang efektif juga membangun diri mereka sendiri di pusat jaringan informasi untuk memfasilitasi penyelesaian tugas. Komunikasi kepemimpinan, melayani tujuan yang berbeda.

Komunikasi Kepemimpinan

Di dalam sebuah organisasi pemimpin adalah sebagai komunikator. Pemimpin yang efektif pada umumnya memiliki kemampuan komunikasi yang efektif sehingga sedikit banyak akan mampu merangsang partisipasi orang-orang yang dipimpinnya. Seorang pemimpin bisa dilihat sebagai juara komunikasi.

Juara komunikasi secara filosofis beralasan bahwa komunikasi penting untuk membangun kepercayaan dan mendapatkan komitmen terhadap visi tersebut. Pemimpin menggunakan komunikasi untuk menginspirasi dan menyatukan orang-orang di sekitar pada tujuan dan identitas umum dan untuk memastikan bahwa visi dan strategi dipahami dan diterima secara mendalam oleh karyawan. Pemahaman mendalam dan penerimaan dari arahan dan tujuan organisasi disebut sebagai ketangguhan. Ketika visi dan strategi yang tertanam merupakan keputusan dan tindakan dapat membantu memindahkan perusahaan ke arah yang benar dan menuju pencapaian tujuan . Orang tidak bisa begitu saja diperintahkan apa yang harus dilakukan.

Komunikasi kepemimpinan juga membentuk bagaimana orang memikirkan pekerjaan dan organisasinya. Pemimpin yang baik tidak hanya menggunakan komunikasi untuk menginspirasi orang dengan sebuah visi dan menanamkan nilai-nilai yang diperlukan untuk mencapainya, mereka juga berkomunikasi untuk membantu orang memahami tujuan kerja mereka yang lebih besar (menemukan makna) . Juara komunikasi tampak dan secara simbolis terlibat dalam kegiatan berbasis komunikasi. Entah mereka berjalan-jalan mengajukan pertanyaan atau dengan serius mendengarkan gagasan atau masalah bawahan, tindakan sehari-hari para juara komunikasi menyampaikan komitmen yang mendalam terhadap komunikasi dan sensif.

Fungsi komunikasi kepemimpinan

  • Komunikasi kepemimpinan memiliki fungsi informatif, yang artinya proses pertukaran informasi atau ide antara atasan dan bawahan harus terlaksana dengan baik.
  • Komunikasi kepemimpinan juga berfungsi dalam menjalankan regulasi dalam perusahaan atau organisasi.
  • Komunikasi kepemimpinan fungsi persuasif adalah membuat pemimpin bisa memberikan pengaruh kepada bawahannya untuk mengikuti arahan pemimpin tersebut.
  • Komunikasi kepemimpinan memiliki integrasi.

TANTANGAN KOMUNIKASI SAAT INI

Dua tantangan saat ini yang dihadapi para pemimpin menggunakan media sosial dan mengembangkan keterampilan untuk berkomunikasi dalam krisis.

Kepemimpinan melalui Media Sosial

Semua orang tahu media sosial, terutama Facebook dan Twitter, telah mengubah cara orang menjalani kehidupan sosial mereka. Media sosial mengacu pada berbagai aplikasi berbasis Internet termasuk jejaring sosial, wiki, blog, dan sebagainya, yang memungkinkan pembuatan dan pembagian konten yang dibuat pengguna. Kaiser Permanente menggunakan platform media sosial internal yang disebut IdeaBook yang mendukung blog, wiki, video online, dan chat room dan menyediakan cara bagi orang untuk bertemu dan melakukan percakapan di ruang kerja virtual. Media sosial secara langsung mendukung kecenderungan keterbukaan dan transparansi dan memberi para pemimpin cara baru untuk menghubungkan dan membangun hubungan dengan karyawan di seluruh organisasi dan Di seluruh dunia. Ketika orang merasa bahwa mereka termasuk dalam komunitas dengan orang lain ilai keterikatan mereka terhadap organisasi meningkat. Pemimpin harus menyadari bahwa di dunia sekarang ini, terutama bagi para pegawainya yang lebih muda, "komunitas" sering dibangun melalui media sosial

Menjadi Krisis-Siap

Komunikasi adalah bagian penting dari pekerjaan seorang pemimpin, namun tidak lama lagi, hal itu lebih penting daripada pada saat terjadi perubahan, ketidakpastian, atau krisis yang cepat. Semua orang mendengar tentang krisis besar yang mempengaruhi organisasi, seperti pemboman teroris di Marathon Boston 2013, recall kendaraan besar Toyota pada tahun 2010, atau tsunami dan bencana nuklir di Jepang, namun para pemimpin menghadapi krisis kecil setiap hari, seperti hilangnya data komputer, tuduhan diskriminasi rasial, atau kebutuhan untuk melakukan perampingan. Agar siap untuk berkomunikasi dalam krisis, para pemimpin dapat mengembangkan empat keterampilan:

  • Stay calm, listen harder: emosi dari seorang pemimpin dapat menular, jadi seorang pemimpin harus bisa tetap bersikap tenang dalam keadaan apapun. Hal penting yang dapat di lakukan pemimipin saat keadaan krisis adalah menyerap rasa takut dan resah dari pengikutnya yaitu dengan cara mendengarkan. Sehingga pemimpin dapat memotivasi, mengisnpirasi, menenangkan dan mengendalikan keadaan.
  • Be visible: disaat kondisi menjadi tidak pasti, seseorang harus membuat semuanya terkendali. Banyak pemimpin yang menganggap remeh keberadaan nya disaat-saat krisis
  • Tell the truth: pemimpin mengumpulkan informasi dari berbagai sumber sebanyak mungkin yang mereka mampu, menentukan faktanya dan juga kebenaran yang pahit dan disampaikan kepada pengikut juga publik secepat mungkin.

SUMBER REFERENSI:

azman.blogspot.com

pakarkomunikasi.com

jurnalishlah.com

Daft, Richard L, 2015, The Leadership Experience, 6th edn, 200 First Stamford Place, Stamford.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN