Mohon tunggu...
Rara Aninditha
Rara Aninditha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Airlangga

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Dampak Pemanasan Global terhadap Lingkungan

1 Juli 2022   01:41 Diperbarui: 1 Juli 2022   01:45 56 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pendahuluan

 Belakangan ini, pemanasan global jadi isu hangat. Bagaimana tidak, dampak pemanasan global dapat membahayakan lingkungan, ekosistem, dan keberlangsungan hidup generasi muda. Pemanasan global adalah suatu proses peningkatan suhu rata-rata di bumi, baik pada lapisan atmosfer, daratan, dan lautan. 

Pemanasan global sangat erat kaitannya dengan pencemaran udara di seluruh dunia. Meningkatnya jumlah karbon dioksida, efek rumah kaca, gas akibat pembakaran bahan bakar fosil, dan aktivitas manusia lainnya, merupakan sumber utama terjadinya pemanasan global selama bertahun-tahun.

Pemanasan global juga mengakibatkan mencairnya es di kutub utara dan kutub selatan. Seperti yang terjadi pada Kawasan Arktik yang bisa memanas dua kali lebih cepat dari bagian dunia lainnya. Akibatnya, kumpulan es di lautan yang berwarna putih semakin menipis atau menghilang.

Pembahasan

Semenjak manusia zaman purbakala sampai dengan zaman sekarang, manusia selalu mengalami perkembangan dalam setiap periode waktu yang dilewatinya. Peradaban manusia sekarang telah mengalami banyak kemajuan. Selama perkembangan itu, manusia menjalani kehidupan dengan bergantung pada pertaniandan agrikultur. 

Melalui orientasi kehidupan tersebut, manusia selalu berusaha menjagadan melestarikan lingkungannya dengan sebaik-baiknya yang bertujuan untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. Manusia sekarang telah mengalami zaman revolusi industri yang menggantungkan kehidupan pada bidang perindustrian. Dengan menggunakan orientasi hidup tersebut, dunia agrikultur pun mengalami kemunduran secara perlahan-lahan.

Nilai-nilai kehidupan manusia pun mengalami perubahan, terutama dalaminteraksi manusia dengan lingkungannya. Perubahan-perubahan yang terjadi ini menghasilkan dampak positif maupun negatif. Salah satu dampak revolusi industri yang telah terjadi dan masih terus berlanjut pada masa sekarang dalam kehidupan dan peradaban manusia adalah dampaknya bagi lingkungan yang ada di sekitar manusia itu sendiri.

Ekspansi usaha yang dilakukan oleh para pelaku industri seperti pembangunan pabrik-pabrik dan pembuatan produksi dengan kapasitas besar dengan mengesampingkan perhatian terhadap dampaknya bagi lingkungan secara perlahan namun pasti telah mengakibatkan kelalaian yang pada akhirnya akan merugikan lingkungan tempat tinggal manusia dan kehidupannya.

Dampak Pemanasan Global 

  • Wabah penyakit = Pemanasan global berdampak munculnya penyakit-penyakit. Karena bumi telah mencapai lemah dan pasti keadaan bumi menjadi semakin tidak seimbang karna telah terjadi pemanasan global ini.
  • Sulit Menemukan Air Bersih = Karena pemanasan global ini suhu bumi jadi tidak menentu dan mengalami perubahan suhu menjadi lebih panas, maka air yang ada di dalam tanah menguap dan makhluk yang ada dipermukaan bumi jadi susah untuk menemukan sumber air yang bersih lagi.
  • Kabut Awan Tertutup Asap = Global warming berdampak sejumlah wilayah mengalami kekeringan, dan hal ini dapat menyebabkan terjadinya kebakaran hutan. Dari kebakaran ini maka awan akan tertutup kabut asap yang jelas tidak baik bagi kesehatan manusia. Asap kendaraan juga menutupi awan di kota-kota besar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan