Mohon tunggu...
Rara DikaMonica
Rara DikaMonica Mohon Tunggu... pembelajaran

hidup itu pilihan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kajian Filsafat Aspek Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi

20 April 2021   18:21 Diperbarui: 20 April 2021   18:57 99 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kajian Filsafat Aspek Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi
phrenologicalchart-607ec16c3d68d56905254e32.jpg

KAJIAN FILSAFAT ASPEK ONTOLOGIS EPISTEMOLOGIS DAN AKSIOLOGIS
Rara Dika Monica (2120178)
raradikam@gmail.com

ONTOLOGI,
Ontologi yaitu berasal dari bahasa Yunani  yang berarti Ontos dan logos , yang artinya jika di artikan ontologi adalah teori tentang keberadaan sebagai keberadaan Ontologi mengkaji sesuai yang ada, Ontologi juga sebagai ilmu pertama yang sudah ada membahas tentang yang ada Studi ini juga di anggap untuk semua orang Termasuk Allah dan semua yang diciptakanya ontologi juga mendasari teologi dan fisika.Apa sih Ontologi ? Pertanyaan yang berhubungan obyek apa yang dikaji oleh pengetahuan itu (ontologi), bagaimana cara mengetahui pengetahuan tersebut (epistemologi), dan  apa fungsi pengetahuan tersebut (aksiologi).Ontologi termasuk ke dalam kajian filsafat dan yang paling kuno berasal dari yunani. Siapa si orang yang pertama menyebarkan paham filsuf ini ? tokoh yang pertama kali muncul ialah ariestoteles dan plato plato adalah salah satu murid dari aristoteles tokoh yang berpartisipasi ada emanuel Seperti tanaman pasti muncul banyak pertanyaan seperti apa si itu tanaman munculnya dari mana terus bagaimana bisa tanaman hidup dan berbuah maka dari itu di kaji oleh aspek ontologi filsafat ini sehingga tau darimana asal muasal tanaman bisa bertumbuh dan berbuah ontologi juga mengkaji secara mendalam. Kemudian menurut  saya bahwa ontologi adalah teori atau studi tentang yang ada (wujud) seperti karakteristik dasar dari seluruh realitas sesuatu yang di bahas benar adanya yang artinya tidak abstrak atau yang tidak di ketahui kebenaran nya.
EPISTIMOLOGI,
Epistimologi berasal dari bahasa Yunani “Episteme” dan “Logos”. “Episteme” berarti pengetahuan “logos” berarti teori. Bisa di artikan epistemologi secara etimologis berarti teori pengetahuan.

Apa si Epistimologi itu? Ya Epistimologi yaitu yang di dalam nya membahas tentang mengkaji mengenai kesungguhan ilmu , dan darimana ilmu itu pertama kali muncul dan bagaimana proses terjadinya. Dengan menyederhanakan batasan tersebut, bahwa filsafat meneliti sampai akar sehingga di ketahui kejelasanya tidak sekedar kata dari orang lain.
aliran-aliran dalam epistemologis:
Pendapat dari Rasionalisme bahwa aliran ini semua pengetahuan itu berasal dari Akal pikiran kita Masing masing sehingga dapat memunculkan ide ide pengetahuan yang luas maka berfikir Aktiv juga bisa di katakan untuk mencari pengetahuan Dan pengetahuan manusia diperoleh melalui pengalaman indra.
AKSIOLOGI,
Akologis berasal dari Yunani Kuno, yaitu (Aksols) Yang berarti nilai Dan kata (Logos) Berarti Aksiologi Merupakn Cabang Filsaft yang mempelajari Nilai. Dengan Kata lain , Aksiologi Adalah kegunaan ilmu pengetahuan bagi manusia. Kajian tentang nilai kususnya etika. Aksiologi juga dapat menjadi pedoman dalam berpengetahuan di dalam filsafat.
Dalam Philosophy dijelaskan bahwa aksiologi disamkan dengan philosopy dari bahasa inggris sedangkan philoshopyia dari bahasa yunani.  Apa sebenarnya nilai itu? Pada bawahsanya dapat di jelaskan bahwa nilai sebagai sesuatu yang menarik bagi seseorang , sesuatu yang di sukai dan diinginkan.Pendeknya , nilai Adalah sesuatu yang baik. Lawan dari nilai adalah tidak nilai, Nilai yaitu sesuatu yang kita iyakan atau yang kita aminkan dan nilai selalu memiliki konteks yang Positif.
KESIMPULAN Aspek yang penting Dalam filsafat ilmu adalah ontology epistimologi dan aksiologi masing masing memiliki pemahan berbeda beda Ontologi yang memiliki inti mencari kajian yang ada atau realita sedangkan epistimologi membahas tentang mengkaji tentang ilmu pengetahuan secara mendalam dan yang terakhir adalah aksiologi yang membahas mengenai nila dalam sains.

VIDEO PILIHAN