Mohon tunggu...
Rappi Darmawan
Rappi Darmawan Mohon Tunggu... saya pekerja baik-baik

punya seabrek cita-cita, belum taat beribadah, ingin memperbaiki diri

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Mengenal Olahraga Panahan

7 Januari 2019   13:52 Diperbarui: 7 Januari 2019   14:26 539 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Olahraga Panahan
Peserta coba gratis mendengarkan penjelasan dari mentor. Foto : rappi

Keriuhan terjadi di lapangan halaman SD IBA, Jl Mayor Ruslan, Ilir Timur II, Palembang, Minggu (06-01-2019). Kerumunan orang terbagi dalam beberapa kelompok. Sepertinya berdasarkan umur. Anak-anak, remaja dan dewasa. Diantara group-group itu ada dua orang yang dengan lengkap dengan atribut panahan. Busur, arrow serta pernak perniknya.

Yess, ini adalah free trial (coba gratis) olahraga panahan yang diselenggarakan Palembang Archery Club (PAC). Sebuah klub panahan yang ada di Kota Palembang. Sebetulnya, saya mendaftar untuk kelas tanggal 13-01-2019, namun kemungkinan tidak bisa hadir pada sesi kedua tersebut, saya nimbrung di sesi pertama ini. 

Coba gratis ini bertujuan untuk mengenalkan olahraga panahan ke masyarakat awam seperti saya. Betul, saya belum pernah mencoba secara langsung olahraga yang katanya merupakan olahraga sunah tersebut. Selama ini baru lihat ditivi atau baca di media cetak dan online. Nah, begitu dapat info akan ada coba gratis langsung daftar supaya tahu lebih dalam. 

Pribahasa mengatakan " Tak Kenal Maka Tak Sayang, Tak Sayang Maka Tak Cinta". Itulah kenapa saya semangat betul untuk mengikuti kelas uji coba ini. Supaya bisa mengenal olahraga panahan, selanjutnya merasa saya dan kemudian mencintai. He he he 

Seperti apa kegiatannya ? Yupsss baca sampai habisnya. 

Panitia mengelompokan peserta coba gratis berdasarkan umur dan jenis kelamin. Supaya lebih khusyuk sepertinya. Tidak ada yang lirik kiri dan kanan, fokus kepada mentor yang menjelaskan didepan. Aduh kenapa jadi buka aib sendiri, suka lirik kiri kanan. Ha ha ha ha ha ha ha ha 

Pertama, sang mentor memulai penjelasannya dengan jenis-jenis busur panah. Setidaknya ada beberapa jenis, mulai dari bentuk hingga bahan pembuatannya. Secara global busur panah bisa dikelompokan menjadi :

1. Tradisional

2. Recurve

3. Compound

Jenis-jenis busur panah. Foto : rappi
Jenis-jenis busur panah. Foto : rappi
Jenis panah tradisional ada beberapa model. Diantaranya, Longbow, panah ini berupa satu buah kayu panjang tanpa disambung oleh bagian lain dan diberi string/tali panah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x