Mohon tunggu...
Rapida Fauziah
Rapida Fauziah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Bismillah

Tidak ada kata tua untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Bimbingan Persiapan AKM Berbasis Digital Bersama Siswa-siswi Kelas V SDN 2 Sukapura di Masa Pandemi

26 Juli 2021   10:31 Diperbarui: 26 Juli 2021   14:28 70 1 0 Mohon Tunggu...

Sesuai dengan apa yang terjadi pada saat pandemi ini, bahwa sekolah dilaksanakan di rumah. Dengan menggunakan sistem digital, baik dengan menggunakan handphone maupun komputer. Seperti yang dilakukan oleh siswa kelas V SDN 2 Sukapura. Dimana siswa mempersiapkan diri untuk melaksanakan AKM yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 yang dilaksanakan dengan berbasis digital.

Sesuai dengan Kemendikbud AKM (Assesment Kompetensi Minimum) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

Lalu Apa saja yang harus dipersiapkan oleh siswa-siswi kelas V SD ?

Sebagaimana yang harus dipersiapkan oleh pembimbing terhadap kelas V SDN 2 Sukapura yaitu memperkenalkan komputer. Maka dari itu komputer harus diajarkan kepada siswa seperti cara mengetik, pengenalan letak huruf, angka, cara menggunakan mouse, dan lain sebagainya. Seperti yang telah dilaksanakan oleh siswa kelas V SDN 2 Sukapura karena pada dasarnya tidak semua siswa mampu menguasai komputer.

Ada persiapan lain  yang harus diperhatikan yaitu memperkenalkan soal berbasis digital seperti soal dari google form dan worksheet. Setelah siswa mengenal  soal tersebut, siswa pun mengetahui bahwa pengisian soal nya menggunakan komputer. Maka dari itu sebelum siswa mengerjakan soal, pembimbing menjelaskan terlebih dahulu tentang materi yang ada pada soal tersebut. Dengan itu pembimbing akan melihat perkembangan siswa dalam mempersiapkan AKM.

Dalam hal ini, siswa diharuskan memahami komputer. Pembimbing memiliki tanggung jawab untuk keberhasilan siswa, serta meningkatkan kualitas pendidikan (baik itu sekolah maupun pembelajaran yang disampaikan). Mungkin ini salah satu upaya dalam keberhasilan Assesmen Nasional.  

Terima Kasih 

Semoga Bermanfaat. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x