Mohon tunggu...
Ranutyas djati kusuma
Ranutyas djati kusuma Mohon Tunggu... Nothing

Nothing

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mediamorfosis: Menuju Fase Baru dari Media

18 Juni 2021   01:16 Diperbarui: 18 Juni 2021   01:22 20 1 1 Mohon Tunggu...

Perkembangan teknologi yang sampai sekarang semakin canggih yang memberikan dampak positif serta memiliki dampak negativenya juga. Sebelum seperti sekarang dahulu komunikasi hanya dapat dilakukan dengan cara non verbal karena manusia pada zaman dulu mereka belum mengenal yang namanya huruf abjad. Sering berjalannya waktu perkembangan teknologi dalam media komunikasi massa ini disebut dengan mediamorfosis.

Apa itu Mediamorfosis ?

Mediamorfosis berasal dari bahasa latin ''medium'', ''media'' yang berarti pertengahan, pusat , tengah . sementara ''morfosis'' berasal dari bahasa yunanu yang artinya ''morfoein'' yang berarti penampilan atau bentuk. 

Mediamorfosis juga Merupakan kombinasi dari dua kata yaitu media dan metamorfosis. Media mengacu pada alat atau media yang digunakan untuk menyampaikan berita atau informasi dalam proses komunikasi. Metamorfosis adalah proses reproduksi atau pertumbuhan hewan dalam biologi, yang melibatkan pertumbuhan fisik. Secara umum dapat disimpulkan bahwa bentuk media merupakan transformasi media yang biasanya disebabkan oleh ketidakpuasan masyarakat terhadap proses komunikasi, dan mengarah pada inovasi media dan perkembangan teknologi.

Bentuk media bukan hanya teori, ia merupakan cara berpikir yang komprehensif tentang perkembangan teknologi media. Mediamorfosis mendorong kita untuk memahami semua bentuk sebagai bagian dari sistem yang saling berhubungan dan memperhatikan berbagai kesamaan dan hubungan antar bentuk yang pernah muncul di masa lalu. Dengan adanya mediamorfosis tentu ditemukan banyak berbagai jenis media baru, namun media dulu itu media yang sudah ada, media baru yang dimaksud adalah media yang merupakan media terdahulu yang terus beradaptasi serta berkembang dengan lingkungan

Sejarah Mediamorfosis

Mediamorfosis pertama kalinya diperkenalkan oleh Direktur Knight Ridder ia memperkenalkan media baru yang bernama Roger Fidler. Ia mengusulkan konsep media Mengenai media baru, dalam artikelnya yang membahas masa depan koran di tahun 1990. 

Roger Fidler diakui secara internasional sebagai pelopor media baru, Dia dikenal karena visinya tentang surat kabar dan peralatan digital Membaca ponsel pada tahun 1981. Pada tahun 1994, timnya berada di laboratorium Memproduksi video berjudul "Tablet Koran: Visi Zaman" "Rumah" menunjukkan bagaimana orang mungkin membaca dalam sehari Terobosan hubungan diri koresponden majalah di tablet Nomor ini sebenarnya menemukan "iPad" lebih awal dari "Steve Jobs". Rangkaian interpretasinya tentang Mediamorfosis dirancang sebagai Kurangi kekuatan teknologi media baru dan berikan teknologi

Mediamorfosis Memiliki 3 konsep yaitu

Konvergensi

Munculnya mediamorfosis pada awalnya terkait dengan konvergensi sejumlah media kecil, kemudian berkembang menjadi konvergensi yang besar. Media fusion merupakan fusi atau integrasi media teknis yang memberikan fungsi-fungsi baru yang memudahkan masyarakat dalam melakukan proses komunikasi, seperti menggabungkan media mobile atau mobile dengan perekaman video, sehingga menghasilkan fungsi video call yang memudahkan dalam melakukan proses komunikasi. berkomunikasi dengan orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN