Mohon tunggu...
Nono Purnomo
Nono Purnomo Mohon Tunggu... Guru - mandiri

Belajar memahami dan merasakan ....

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Overseas Training Malaysia (Bagian 2)

8 Agustus 2018   21:30 Diperbarui: 8 Agustus 2018   21:45 304
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Deseminasi dan penerapan dari Overseas Training di Indonesia

Ilmu-ilmu dan pengalaman-pengalaman baru yang saya peroleh harus saya deseminasikan ke teman sejawat setelah sampai di Indonesia. Alhamdulillah kemarin di MGMP guru IPA kota Mojokerto saya sampaikan beberapa pengalaman itu, meskipun belum semua, dan terus akan saya lakukan. Tidak tertutup di daerah dan kota/kab. lain. Itulah instruksi Bapak Dirjen Pembinaan SMP setelah kami semua di sambut ketika sekembali dari Malaysia.

Adapun untuk anak-anak didik saya yang ada di SMPN 2, sungguh sangat bermanfaat apa yang telah saya peroleh ketika anak didik saya mencoba menerapkan dan mencobanya. Selama ini dengan keterbatasan alat dan bahan untuk media pembelajaran sering kita hanya jelaskan "benda tersebut" secara abstrak. 

Berbekal pengalaman workshop dengan Mr. Hideo Nakano pengajar kami dari Jepang yang mampu memanfaatkan bahan-bahan sederhana untuk media pembelajaran, penjelasan abstrak tersebut menjadi terwakili, siswa-siswa saya terlibat aktif dan mencoba ikut mengkreasi juga.

Sebagai contoh, saat materi pelajaran tentang berbagai macam sumber energi, sering kita menjelaskan hanya menyebut inilah macam-macam energi dan lain-lain. Dengan pemanfaatan barang sederhana, anak-anak didik saya merancang sebuah motor angin (Wind Car) yang digerakkan oleh baling-baling. Dari baling-baling yang diputar itu mobil angin yang mereka buat dapat bergerak melaju ke depan. 

Mereka menjelaskan bagaimana proses kerja kincir dengan memanfaatkan energi angin. Sungguh pembelajaran yang sangat berharga menurut saya karena siswa-siswa saya tidak hanya sekedar menghafal materi pelajaran tentang energi angin, tetapi mampu membuat hipotesa, merancang eksperimen dan mengkomunikasikan hasil kreasi mereka dengan luar bisa. 

Inilah sebenarnya menurut saya pembelajaran IPA yang di ajarkan secara tepat, Bahwa IPA atau Sains itu diajarkan seperti IPA itu di temukan yaitu dengan metode ilmiah yang di dalamnya berisi tentang hipotesis, eksperimen dan publikasi hasil penelitian. Dalam bahasa kurikulum 2013 itulah yang disebut sebagai pendekatan sains (Saintific Approach).

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Dengan berbekal pengalaman yang saya dapat seperti materi-materi perkuliahan yang tersebut di atas, sungguh sangat melengkapi proses pembelajaran yang saya lakukan, banyak pendekatan baru dalam pembelajaran yang dapat saya berikan ke anak-anak didik saya. Pendekatan Inquiry sangat cocok dan mendukung proses Saintific Approach demikian pula dengan Problem based learning. 

Semuanya mengarahkan kepada kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOT=High Order Thinking). Namun demikian pembelajaran yang masih menuntut berfikir tingkat rendah tetap saya perhatikan. Seperti, memberikan materi pelajaran dengan pendekatan strategi mnemonik.

Mnenomik atau sering disebut sebagai jembatan keledai, merupakan cara efektif dalam menghafal materi pembelajaran yang bersifat deklaratif, berupa fakta dan definisi. Sebagai contoh kelainan tulang belakang ada 3 macam; skoliosis, kifosis, dan lordosis. Siswa sering terbalik dan salah dalam mendefinisikan masing-masing. Bila dibuat mnemonik akan menjadi mudah mengingatnya, yaitu Lo KedepanKi BungkukSoko Samping;

1. Lordosis merupakan kelainan tulang belakang yang membengkok ke depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun