Mohon tunggu...
Rani Puspitawati
Rani Puspitawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA STEI BINA MUDA

ILUSTRASI HIDUP, Adiós,

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya

Masih Insecure? Yuk Hilangkan Rasa Insecure

15 April 2021   13:16 Diperbarui: 15 April 2021   13:24 1390 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Apakah anda pernah merasa ragu dan tidak percaya diri, merasa tidak berguna, merasa membosankan, merasa tidak rupawan ? Suka membanding-bandingkan diri anda dengan orang lain ? merasa tidak berhak disayangi oleh orang lain ? jika iyah kemungkinan anda mengalami insecure.

Apa sih sebenarnya yang membuat seseorang merasakan hal semacam ini? Lalu bagaimana mengatasainya?

Insecure atau insecurity menurut Asta (2019) artinya tindakan dari adanya emosi apabila kita menilai diri kita menjadi seorang inferior dari orang lain.

Insecure sendiri merupakan istilah untuk mengambarkan perasaan seseorang yang tidak aman, perasaan ini terkadang kali membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, selalu merasa dirinya tidak pantas, malu, bersalah, bahkan sampai rasa tidak mampu akan melakukan sesuatu, ketika rasa tidak aman ini mengendalikan kamu, maka hal ini akan memicu perasaan yang semakin tidak percaya diri yang ada pada dirimu.

Akibat lainnya dari insecure adalah seseorang bisa menjadi takut untuk berinteraksi dengan orang lain, hal ini mungkin di sebabkan karena berbeda warna kulit, atau perbedaan bentuk fisik. Padahal sesunguhnya manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, yang dimana setiap aktivitas tidak pernah lepas dari yang namanya bersosialsasi.

Pertanda kamu insecure

1. Tidak ingin keluar dari zona nyaman

Banyak sekali orang yang tidak ingin keluar dari zona aman mereka, biasanya ini diakibatkan oleh faktor pengalaman di masa lalu yang tidak mengenakan seperti dikecewakan, dikhianati.  Berbagai macam ketakutan ini secara tidak lansung menghambat dirimu untuk bisa berkambang menjadi lebih baik lagi.

2. Gemar membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Perlu kita ingat bahwa setiap seorang memiliki waktunya masing-masing didalam hidup itu ketika sukses, menikah memiliki keluarga dan lainnya. Setiap orang memiliki proses perkambangan yang berbeda-beda juga, membandingkan sesuatu dengan orang lain akan menghambat dirimu untuk kembang. Maka oleh itu segeralah tinggalkan cara pemikiran seperti itu.

3.  Mengalami ketakutan yang berlebihan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Sehat dan Gaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan