Mohon tunggu...
Rani Metasari
Rani Metasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi S1 Prodi Pendidikan Kimia

Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

KKN Tematik UPI 2022: Workshop Pemanfaatan Minyak Jelantah Menjadi Produk Rumah Tangga

15 Agustus 2022   20:00 Diperbarui: 15 Agustus 2022   21:06 94 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN Tematik UPI 2022 kelompok 53 sudah melaksanakan kegiatan KKN di Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung selama kurang lebih satu bulan lamanya. Salah satu program yang dijalankan dalam kegiatan KKN Tematik UPI di kelompok 53 yaitu workshop atau pelatihan pemanfaatan minyak jelantah menjadi sabun dan lilin aromaterapi.

Pelatihan dilakukan pada tanggal 7 Agustus 2022 dan bertempat di RW 14 Kelurahan Palasari dengan target pelatihan yaitu ibu-ibu PKK RW 14 sebagai partisipan kegiatan. Daerah RW 14 Keluarahan Palasari ini didominasi oleh pemukiman di dalam komplek sehingga mayoritas ibu-ibu sudah mengetahui bahaya dari penggunaan kembali minyak jelantah sehingga produksi minyak jelantah sangat berlimpah, namun ibu-ibu di RW 14 ini masih belum mengetahui cara mengolah dan memanfaatkan minyak jelantah.

dokpri
dokpri

Minyak jelantah itu sendiri merupakan minyak limbah yang bisa berasal dari jenis-jenis minyak goreng. Minyak ini merupakan minyak bekas pemakaian kebutuhan rumah tangga. Minyak jelantah berbahaya jika digunakan berulang untuk menggoreng makanan karena minyak ini bersifat karsinogenik atau pemicu kanker. Namun minyak jelantah ini tidak bisa dibuang secara langsung ke dalam saluran air karena dapat mencemari lingkungan dan menyumbat saluran air.

Untuk itu, perlu adanya penanganan yang tepat agar limbah minyak jelantah ini dapat bermanfaat dan tidak menimbulkan kerugian dari aspek kesehatan manusia dan lingkungan. Salah satu solusi bagi masalah minyak jelantah ini yaitu dengan cara mengolah minyak menjadi suatu produk rumah tangga yang berguna. Minyak jelantah seperti minyak pada umumnya dapat dimanfaatkan kembali tanpa perlu dikonsumsi atau pun dibuang ke dalam saluran air, yaitu dengan memanfaatkan minyak jelantah menjadi suatu produk rumah tangga berupa sabun cuci dan lilin aromaterapi.

dokpri
dokpri

Berikut merupakan alat, bahan serta cara pembuatan sabun dan lilin aromaterapi dari minyak jelantah :

1. Sabun dari minyak jelantah.

Alat :

  • Wadah plastik ( 2 buah )
  • Sumpit kayu (1 buah )
  • Gelas ukur ( 1 buah )
  • Cetakan sabun (secukupnya)

Bahan :

  • Minyak jelantah (500 mL)
  • Air ( 150 mL)
  • Soda api/NaOH (100 gram)
  • Pewarna makanan (secukupnya)
  • Essential oil (secukupnya)

Cara membuat sabun dari minyak jelantah :

  • Masukkan air sebanyak 150 mL ke dalam wadah
  • Tambahkan 100 gram soda api ke dalam wadah berisi air lalu aduk soda api dengan menggunakan pengaduk kayu hingga larut. (ketika pelarutan soda api diusahakan untuk melindungi tangan dengan cara menggunakan sarung tangan karet).
  • Tambahkan 500 mL minyak jelantah ke dalam wadah berisi larutan soda api, lalu aduk larutan.
  • Tambahkan pewarna (boleh menggunakan pewarna makanan) dan essential oil / pewangi, lalu aduk kembali larutan sabun hingga mengental.
  • Tuangkan larutan sabun ke dalam cetakan kemudian diamkan hingga mengeras sekitar 1-2 hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan