Media

Resep 2017: Satu Kata Penuh Makna

14 Januari 2018   18:16 Diperbarui: 14 Januari 2018   18:25 465 2 0

"RESEP" merupakan tahap awal proses pembinaan yang diadakan oleh BEM KEMAFAR UH (Badan Eksekutif Keluarga Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin). 

Keluarga Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin (KEMAFAR-UH) berdiri sejak tanggal 17 Agustus 1963 di Makassar yang merupakan organisasi mahasiswa intra-universitas yang berkedudukan di Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin dan mempunyai tujuan membentuk mahasiswa menjadi insan yang beriman dan bertakwa, berwawasan, mandiri, dan berjiwa sosial.

sebelum melangkah terlalu jauh saya akan perkenalkan apa Farmasi itu :

Farmasi adalah suatu bidang ilmu yang menitikberatkan pada sediaan-sediaan Farmasi. Tapi jangan mengira sediaan farmasi disini adalah macam-macam pil, kapsul, sirup dan sebagainya yang ada di apotek. Karena menurut UU no 36 tahun 2009 tentang kesehatan, sediaan farmasi adalah obat, bahan obat, obat tradisional dan KOSMETIKA. Kenapa saya menulis kosmetika dengan huruf capital? Karena sebagai pemberitahuan bahwa kosmetik yang banya digunakan di dunia ini adalah salah satu bidang keahlian Farmasi.

Pengertian obat disini juga bukan sesuatu yang hanya menyembuhkan kita dari penyakit. Tetapi juga semua bahan dan paduan bahan, termasuk produk biologi, yang mempengaruhi tubuh kita (UU no 36 tahun 2009). Jadi jangan salah paham jika anak Farmasi bisa membuat shampoo, sabun dan lotion anti UV karena memang zat-zat itu sangat mempengaruhi tubuh kita dan pemerintah mensahkan hal itu dalam sebuah undang-undang. Jangan salah paham juga jika anak Farmasi bisa bawa pulang narkotika seandainya itu adalah bahan untuk membuat obat.

di Universitas Hasanuddin telah berdiri Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin yang Berdasarkan Perjanjian Senat, Rektor Universitas Hasanuddin memutuskan fakultas Farmasi dengan resmi terbentuk berdasarkan surat Nomor SK Rektor Unhas: 441 / H4 / O / 2007 tanggal 14 Maret 2007 yang ditandatangani oleh Prof. Dr. Idrus Paturusi. Peluncuran resmi dari fakultas Farmasi diselenggarakan pada tanggal 14 Nopember 2007.

Para pemimpin fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin untuk periode pertama 2007 – 2011 adalah:
Dekan : Prof. Dr. Elly Wahyudin, DEA, Apt
Pembantu Dekan I : Dr. rer.nat Marianti A. Manggau, Apt
Pembantu Dekan II : Drs. Syaharuddin Kasim, MSi, Apt

Terdapat 3 program studi di fakultas farmasi UNHAS antara lain program S1, Program Profesi Apoteker dan Magister.

Prospek Kerja Farmasi :

Di antara sekian banyak prospek kerja yang dimiliki oleh para alumni Fakultas Farmasi Unhas, prospek untuk menjadi penyedia layanan kesehatan merupakan ladang pekerjaan yang paling banyak menyerap jasa para alumni. Adapun lapangan kerja yang terkait dengan jasa pemberi layanan kesehatan antara lain di rumah sakit, klinik dan apotek.

Alumni Fakultas Farmasi Unhas telah banyak yang berkecimpung di dunia kemiliteran. Keahlian seorang apoteker tentang obat-obatan membuatnya sangat dibutuhkan di dunia militer. Artinya, jika Anda adalah seseorang yang sangat menyukai dunia kemiliteran, maka dengan bergabung di Fakultas Farmasi Unhas, impian tersebut bukanlah hal yang mustahil.

Bagi para mahasiswa yang tertarik untuk berinteraksi dengan masyarakat luas, utamanya untuk mengkomunikasikan permasalahan obat-obatan yang diresepkan, maka Fakultas Farmasi Unhas merupakan pilihan yang tepat. Sebagian besar rumah sakit-rumah sakit besar yang berada di kawasan Indonesia Timur telah merasakan jasa para alumni kami.

Di dalam organisasi mahasiswa fakultas farmasi terdapat KEMAFAR-UH mempunyai kekuasaan tertinggi di tangan anggota yang dilaksanakan melalui KONGRES maupun KONGRES LUAR BIASA. Secara struktural KEMAFAR-UH terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa sebagai pelaksana harian organisasi KEMAFAR-UH selama satu periode kepengurusan yang di dalamnya terdapat UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) sebagai wadah anggota keluarga untuk menyalurkan minat dan bakatnya masing-masing di berbagai macam bidang, misalnya bidang kemanusiaan, olahraga, seni, jurnalistik, keilmiahan, serta bidang-bidang lain yang dianggap perlu yang bersifat semi-otonom yang bertanggung jawab langsung pada Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) KEMAFAR-UH.

Yah kembali ke judul 'RESEP' Satu Kata Penuh Makna . Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai RESEP terlebih dahulu kita harus mengetahui apa sebenarnya itu RESEP.

"RESEP" Apakah sebenarnya kepanjangan dari RESEP ini?

RESEP merupakan singkatan dari Reformulasi Sikap,Etika dan pola pikir. dimana reformulasi berarti tindakan merumuskan kembali, memformulasi sesuatu yang telah ada sebelumnya. Sikap berarti secara umum adalah suatu pikiran, kecenderungan dan perasaan seseorang untuk mengenal aspek-aspek tertentu pada lingkungan yang seringnya bersifat permanen karena sulit diubah. Komponen yang dimaksud adalah pengetahuan yang selama ini diperoleh semasa hidup, dimana sangat mempengaruhi perilaku saat bertindak. Etika diartikan sebagai nilai-nilai moral seseorang di dalam bertindak. Mindset (Pola pikir) adalah cara menilai dan memberikan kesimpulan terhadap sesuatu berdasarkan sudut pandang tertentuJadi dari kepanjangannya sendiri telah diketahui bahwa tujuan RESEP itu sendiri untuk membantu mahasiswa baru untuk menjdi manusia yang lebih baik melalui pengajaran sikap, etika dan pengasahan pola pikir.

RESEP tahun ini juga mengangkat tema Revolusi Mental Menuju Insan Humanis dan Cendekiawan. Refolusi mental. perubahan mental seorang pemimpin. Kita semua terlahir sebagai seorang pemimpin tergantung dari kita bagaimana mengembangkan dan mengasah kelebihan tersebut. Insan berarti diri kita sendiri. Humanis, orang yg mendambakan dan memperjuangkan terwujudnya pergaulan hidup yg lebih baik, berdasarkan asas perikemanusiaan; pengabdi kepentingan sesama umat manusia. Cendekiawan atau intelektual ialah orang yang menggunakan kecerdasannya untuk bekerja, belajar, membayangkan, mengagas, atau menyoal dan menjawab persoalan tentang berbagai gagasan.

Jadi melalui RESEP ini kita dapat memperbaiki kepribadian kita menghilangkan rasa egois, menumbuhkan rasa empati terhadap sesama dan yang paing penting etika kita menjadi lebih baik.

pada awalnya RESEP dimulai dengan pra RESEP di sini kita diajarkan bersabar dimana kita harus mengorbankan waktu libur untuk digantikan dengan kegiatan pra RESEP ini. Pra resep berlangsung sekitar 2 bulan. pada awalnya ada rasa jengkel dan malas untuk mengikuti pra RESEP ini karena banyak skali perlengkapan dan barang yang harus disediakan belum dengan tugas yang berPvariatif. setiap minggunya kami harus membawa roti dan air yang seragam, hal ini untuk melatih kekompakan antar tim dan kami satu angkatan. kami juga harus datang jam 7 dan itu mengajarkan kami untuk disiplin agar terbiasa saat perkuliahan. Di kegiatan ini kami juga diajarkan berilaturrahmi dengan teman dan kakak-kakak. Di farmasi kita tidak dapat hidup sendiri kita harus bekerja sama dengan orang lain karena pekerjaan yang menuntut itu. terkadang rasa jenuh dan malas hadir karena perkuliahan telah selesai dan seharusnya sudah kembali ke kampung tapi harus tetap memilih untuk mengikuti kegiatan salah satu motivasinya kalau kami semua pulang siapa yang akan meramaikan kegiatan ini. Dan kakak-kakak OC juga tidak ada yang pulang mereka menemani kami berproses. semua orang pasti jenuh dan capek tapi inilah proses kita harus menjalaninya untuk mencapai hasil.

Di RESEP kami juga diajarkan rasa kekeluargaan dimana kami makan bersama dengan menu yang sama dan awalnya kami merasa jengkel karena makanpun diberi waktu tapi itu semua miniatur kecil kehidupan di farmasi nanti. Saat nanti diburu dengan laporan tidak mungkin akan makan lambat pasti semua dilakukan dengan cepat.

Di farmasi itu jumlah laki-laki dan perempuan 1:4 jadi sangat dituntut untuk laki-laki berperan besar karena jumlahnya yang sedikit baik di bangku kuliah ataupun di laboratorium. jadi kami diajarkan untuk saling mengisi dan membantu.

Saat Pra RESEP kami diberikan berbagai materi yang berkaitan dengan tujuan pembinaan ini sendiri. tidak tanggung-tanggung pemateri yang dihadirkan juga memang terbaik di bidangnya. kami juga ditugaskan untuk bersosialisasi, melalui sosialisasi pikiran saya terbuka tentang farmasi yang semulanya hanya berpikir masuk farmasi karena pilihan terkahir dan hanya cari aman yang penting lulus kini sudah mulai berpikir ke depan bahwa ternyata farmasi terbuka luas bukan hanya menjadi apoteker tapi masih bnyak bidang lainnya yang dapat ditekuni. dalam farmasi juga tidak hanya ada satu bidang ilmu saja tetapi menggabungkan beberapa ilmu mulai dari matematika, kimia, fisika, dan biologi serta seni. melalui RESEP ini kami juga lebih mengenal seluk beluk farmasi dan organisasi yang ada di dalammnya karena menurut saya mahasiswa yang idela itu adalah mahasiswa yang mampu menyeimbangkan intra dan ekstra nya. selain berprestasi di bidang akademik juga mampu bersosialisasi dengan baik melalui organisai.

Agenda kami setiap minggu itu hampir mirip dan telah terstruktur jadi pembinan ini tidak asal-asalan semua telah dirancang dan dipersiapkan sesuai dengan tujuan yang kana dicapai. setiap pagi kami binjas dan dilanjutkan dengan sarapan bersama saat sarapan ada hal menarik karena kami diwajibkan meminum scooty dimana karena terbuat dari minyak ikan jadi rasanya sangat amis dan beberapa tidak menyukainya dan kami harus meminumnya memang awalnya tidak berefek namun pada kahirnya terasa tubuh tidak mudah lelah.

Disela kegiatan kami juga latihan acara dimana pembagian agenda acara sesui dengan minat dan bakat kami diantaranya ada drama, nyanyi, dance dan masih banyak lagi. kami disediakan ajang untuk mengespresikan bakat dan minat kami di depan kakak-kakak, acara ini menurut saya mengajarkan kami membuat acara kecil dan melatih kekompakan.

kami juga diwadahi melakukan kegiatan yang berguna bagi sesama yaitu bakti sosial kmi dibagi atas bebrapa tim dan melakukan bentuk bakti sosial yang berbeda-beda melalui kegiatan ini kami jadi lebih peduli terhadap sesama, saling tolong menolong dan ikhlas memberi kepada yang lebih membutuhkan.

Menjelang hari H RESEP kami semakin sibuk untuk mempersiapkan kelengkapan ke tempat yang telah ditentukan. kami harus membawa banyak barang dan makanan yang menguras banyak isi donpet tapi meskipun begitu kami tetap antusias terlebih kami semakin sering berkumpul di satu tempat yang kami sebut rutan (rumah angkatan). disini kami makan bersama memasak bersama dan masih banyak lagi. meskipun disini banyak cekcok banyak adu mulut tapi tidak ada yang dibawa ke dalam hati.

Saat pra RESEP juga ada kegiatan FGD yang rutin dilakukan setiap minggu disini kami dengan kakak mentor membahas materi-materi yang akan diberikan saat sabtu atau minggu sehingga kami semua sudah ada bekal sebelum menerima materi. Di FGD ini kami diajarkan untuk mengatur waktu antara kakak dan kami sebagai pembelajaran saat mengatur waktu untuk bertemu asisten lab. kami juga diajarkan berbicara, berdiskusi dengan teman dan kakak-kakak. kakak mentor juga sebagai tempat kami untuk bertanya dan mengutarakan segala hal yang berkaitan dengan RESEP. kami yang semula dari berbagai daerah dengan kekentalan bahasa daerah masing-masing menimbulkan kelucuan saat berdiskusi. dan itu semua membuat kami merasa kekeluargaan yang erat.

Saat RESEP kami dituntut lebih cepat bergerak dan disiplin tinggi. Kami juga melalui kegiatan pengenalan BEM dari fakultas lain dari situ kami dapat membedakan sistem antara fakultas yang satu dengan fakultas yang lainnya. melalui RESEP kami dapat mendapatkan pengetahuan yang tidak didapatkan di bangku kuliah.

Saat hari H RESEP kami tidur berbaur berbagi selimut dan bantal, kami berbagi makanan dan snack, kami juga melalukan outbond dan berbaur dengan senior-senior. Kami juga mementaskan acara yang disebut MABA SHOW. alhamdulillah acara kami berjalan dengan lancar. Banyak manfaat yang dapat saya peroleh dari RESEP . RESEP selalu indah untuk dicerira dan dikenang tapi tidak untuk dijalani kembali.