Mohon tunggu...
Randy Jullihar
Randy Jullihar Mohon Tunggu... Scientist -

A scientist, Father, Husband,Writer, Story teller, Analizer and Open minded reader

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

GueSehat: Dokter Pribadi dan Akses VIP di Genggaman Anda

9 November 2017   16:59 Diperbarui: 9 November 2017   18:13 414
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangan teknologi membuat kemudahan untuk mengakses informasi, termasuk di bidang kesehatan. Pengalaman saya pribadi, ketika ada sesuatu yang terasa tidak enak pada bagian tubuh, maka tindakan pertama adalah menuju mesin pencarian di internet (red:google) untuk mendapatkan informasi atas kondisi yang dirasakan. Begitupula dengan para ibu yang khawatir ketika anaknya demam atau sakit yang lain, merekapun menuju ponsel mereka untuk mencari informasi atau tindakan yang harus dilakukan lewat internet.

Apakah hal tersebut merupakan hal yang positif?

Setiap sesuatu pasti mempunyai dua sisi layaknya mata uang. Kondisi diatas pun tidak lantas pasti menjadi hal baik bagi kita keluarga. Informasi yang didapat bisa jadi berasal dari sumber yang tidak bertanggung jawab. Hal tersebut cukup berbahaya, apalagi menyangkut masalah kesehatan. Bisa jadi apa yang dianjurkan oleh info yang kita baca, malah membuat penyakit yang kita alami menjadi lebih parah.

Lalu bagaimana solusinya?

Kita harus mencari sumber informasi atau informan yang kompeten dan layak untuk dijadikan rujukan bagi info atau pertanyaan yang kita cari. Namun cukup repot ketika kita mengakses internet yang ternyata sulit membedakan mana info yang valid berasal dari ahlinya atau info abal-abal yang berasal dari sumber yang tidak kompeten. 

Menjawab masalah tersebut, di buatlah Portal layanan dan Pocket Applicationyang dirancang untuk menjadi sarana dan perangkat dalam mencari informasi yang benar di bidang kesehatan bernama Guesehat.com dan mobileaplikasinya bernam GueSehat.  Aplikasi GueSehat yang bisa saya unduh untuk hp android saya banyak sekali memberikan manfaat. Baru sekitar dua minggu saya menggunakannya, saya sudah diberi banyak informasi mengenai berbagai macam penyakit beserta pencegahan, gejala, penyebab, diagnosis dan penanganannya.  Lengkap dan berasal dari sumber yang terpercaya. Saya pin mencoba fitur mencari gejala penyakit apa yang dialami dengan memasukan data-data dan keluhan yang dirasakan. Sungguh detail dan seperti sedang berdiskusi dengan dokter umum di klinik atau rumah sakit.

Pengalamanrealyang terjadi di hari minggu lalu, anak saya mencret dan badannya lemas. Pada waktu itu saya beserta istri berangkat ke dokter spesialis anak yang biasa kami kunjungi bila anak kami mempunyai masalah kesehatan. Akan tetapi, kebetulan pada hari itu dokter yang biasa menangani anak kami sedang tidak buka praktek. Kami pun kebingungan mencari dokter pengganti mana yang buka dan tempatnya tidak terlalu jauh dari tempat kami berada. Lalu saya teringat aplikasi GueSehat ini, saya mencari dokter spesialis anak melalui perangkat tersebut, dan kami mendapatkan beberapa opsi yang diberikan pada hasil pencarian tersebut, lengkap dengan jam buka dan tutup praktek dokter tersebut. Sangat membantu dan memudahkan sekali bagi kami.

Bagi istri saya, GueSehat digunakan untuk membaca artikel-artikel kesehatan dan juga mengikuti forum-forum yang bertujuan untuk sharing pengalaman para anggotanya. Dia bergabung dengan forum  ibu ASI yang membuat dia bisa bertukar fikiran dengan ibu-ibu yang lain di forum tersebut.

GueSehat sangat membantu sekali bagi kami. Saya seperti mempunyai dokter pribadi yang bisa menjawab segala keluhan saya kapan saja dan dimana saja. Dengan GueSehat juga kami layaknya mempunyai akses VIP dibidang kesehatan yang bisa kami gunakan kapanpun dan dimanapun. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun