Mohon tunggu...
Wiselovehope
Wiselovehope Mohon Tunggu... Novelis - Ibu dua putra yang senang membaca dan menulis.

aka Kak Jul ~ Instagram: @wiselovehope Https://linktr.ee/wiselovehope Email: wiselovehope@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Nge-blog Bukan Hanya Nulis Tok, Panjang Proses Agar Ramai Views...

5 Desember 2022   04:51 Diperbarui: 5 Desember 2022   04:58 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi via Dreamstime.com

Banyak blogger berpikir jika blog hanya untuk nulis tok atau bagikan konten saja, kelihatannya setelah selesai nulis 'ya selesai', padahal..

1. Perjalanan masih panjang. Selesai bahas satu topik, masih bisa berkembang lagi. Itulah sebabnya blog lebih mirip tulisan berantai atau berseri. Bukan hanya fiksi saja, non fiksi juga bisa 'beranak pinak' alias dari A berkembang jadi B, C, D hingga Z. Semisal bahas kecantikan, lalu bisa mulai bahas berikutnya, kecantikan rambut, wajah, kulit, mata, batin, dan sebagainya...

2. Klik dan view memang penting, akan tetapi bukan segalanya. Berapapun yang didapat pada awalnya, bersyukur saja. Nanti juga akan dibaca dan masih bisa nambah lagi seiring perjalanan waktu. 

Asal kita rajin share. Jangan malu-malu meong oranye, atau melempem, ngumpet lempar batu sembunyi tangan.

Ada beberapa artikelku yang sudah hampir berumur 2 tahun di Kompasiana namun masih dibaca orang, bahkan mencapai ribuan views, padahal bukan berita aktual atau artikel utama. Rahasianya? Topik yang abadi, ejaan penulisan.

3. Jika seperti di Kompasiana, view dalam satu bulan berjalan sangat berarti. Jadi usahakanlah selalu/sering-seringlah share yang sepoi-sepoi dari awal bulan itu. Tak usah yang terbaru terus, yang lama juga bisa diulang lagi sesekali.

Jangan berpikir jika artikel atau blog lama berarti sudah basi atau expired. Selalu akan ada calon pembaca atau warganet yang membacanya, meskipun bukan dari sesama blogger. View dari luar atau dari hasil mesin pencari Google itulah yang penting. Maka tingkatkan pemakaian kata kunci atau hashtag dan manfaatkanlah SEO (Search Engine Optimization).

Semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun